Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump dan Obama Beri Ucapan Duka Cita atas Wafatnya George Bush Senior

Kompas.com - 01/12/2018, 14:01 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber CNN,AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memuji mendiang mantan Presiden George Herbert Walker Bush.

Berbicara dalam forum G20 di Buenos Aires, Argentina, Trump memuji sosok George Bush Senior sebagai pemimpin yang teguh di masa akhir Perang Dingin.

Baca juga: Mantan Presiden AS George HW Bush Meninggal di Usia 94 Tahun

"Melania dan saya bergabung bersama seluruh bangsa Amerika berduka atas kepergian mantan Presiden George HW Bush," kata Trump dikutip AFP Sabtu (1/12/2018).

Presiden 72 tahun itu memuji sosok Bush atas penilaiannya yang hebat, visi-misi yang dipaparkan, hingga kepemimpinannya yang tak tergoyahkan.

Karena orisinalitas kebijakannya, kecerdasan, dan kesetiaan kepada keluarga hingga negara, Trump menyatakan Bush Senior telah mengilhami banyak generasi.

"Sebagai presiden, beliau telah menempatkan negara ini berada di jalur kemakmuran yang dinikmati dalam beberapa dekade," tutur Trump.

Ucapan duka cita juga datang dari mantan Presiden Barack Obama yang memberikan Bush kehormatan tertinggi Presidential Medal of Freedom.

Dalam keterangan resminya, Obama dan istrinya Michelle mengatakan Amerika telah kehilangan patriot dan pelayan publik yang baik dalam diri George Bush Senior.

"Tentunya kini Bush telah bersatu kembali dengan istrinya Barbara. Dua cahaya yang tak pernah meredup. Dua cahaya yang bersinar bagi orang lain dengan keteladanannya," tutur Obama.

George HW Bush, presiden ke-41 AS, meninggal dunia dalam usia 94 tahun pada Jumat (30/11/2018) pukul 22.10 waktu setempat di Houston, Texas.

Kabar wafatnya Bush disampaikan putranya yang juga mantan Presiden AS George Walker Bush melalui juru bicara Jim McGrath melalui kicauan di Twitter.

Dinasti Bush tidak hanya menghasilkan George Bush junior sebagai presiden ke-43 AS. Anak ketiganya, Jeb, pernah menjadi Gubernur Florida periode 1999-2007.

Kematian George HW Bush terjadi setelah istrinya yang sudah bersamanya selama 73 tahun, Barbara Bush, meninggal dunia dalam usia 92 tahun pada 17 April lalu.

CNN melansir upacara pemakaman bakal segera disampaikan. Bush Senior rencananya bakal dimakamkan di samping pusara istrinya di College Station, Texas.

Baca juga: Sepekan Usai Kematian Istrinya, Kondisi George HW Bush Kritis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com