Kompas.com - 30/11/2018, 06:36 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Kamis (29/11/2018) membatalkan pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada KTT G-20 akhir pekan ini di Argentina.

Dalam dua cuitan di Twitter, Trump menyebut kegagalan Rusia untuk mengembalikan tiga kapal dan membebaskan para pelaut Ukraina, sebagai penyebab batalnya pertemuan.

CNBC melaporkan, pembatalan terjadi sekitar 1 jam usai Trump secara pribadi mengatakan kepada wartawan tentang kemungkinan bertemu pemimpin Rusia.

Baca juga: Trump Berencana Kenakan Pajak, Harga iPhone Terancam Makin Mahal

"Saya mungkin akan bertemu dengan Presiden Putin. Kami belum mengakhiri pertemuan itu," ucapnya, sesaat sebelum berangkat ke Buenos Aires.

"Saya pikir, ini waktu yang sangat baik untuk mengadakan pertemuan," imbuhnya.

Namun pada kicauannya di Twitter, Trump menyatakan pembatalan pertemuan bilateral dengan Putin.

"Berdasarkan fakta tentang kapal dan pelaut yang belum dikembalikan ke Ukraina dari Rusia, saya memutuskan yang terbaik bagi semua pihak dengan membatalkan pertemuan yang sebelumnya dijadwalkan berlangsung di Argentina dengan Presiden Vladimir Putin," cuitnya.

"Saya menantikan pertemuan berarti lagi segera setelah situasi ini teratasi," imbuhnya.

Seorang juru bicara Putin mengatakan pemerintah Rusia tidak memiliki informasi resmi tentang keputusan Trump untuk membatalkan pertemuan itu.

Sky News mewartakan, sekretaris pers Putin Dmitry Peskov mengatakan, Rusia mengetahui pembatalan tersebut dari kicauan Trump yang diberitakan oleh media negaranya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber CNBC,Sky News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.