Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB Kembali Soroti Solusi Dua Negara untuk Perdamaian Palestina

Kompas.com - 29/11/2018, 11:50 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber Xinhuanet

NEW YORK, KOMPAS.com - Pada peringatan Hari Internasional Solidaritas Rakyat Palestina, PBB kembali menegaskan akan terus mendukung rakyat Palestina dengan solusi dua negara.

Dalam sambutannya dalam pembukaan peringatan selama tiga hari itu, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Gutteres mengatakan PBB tidak akan goyah dalam berkomitmen kepada Palestina.

Seperti diketahui, Hari Solidaritas Rakyat Palestina jatuh pada 29 November dan diperingati setiap tahunnya sejak 1978.

Baca juga: Otoritas Israel Kembali Tangkap Gubernur Palestina di Yerusalem

"Marilah kita menegaskan kembali komitmen untuk mengakkan hak rakyat Palestina dan membangun masa depan perdamaian bagi rakyat Palestina dan Israel," katanya, Rabu (28/11/2018).

Dia menyerukan kepada semua negara yang terlibat dalam upaya perdamaian Palestina-Israel untuk mengambil langkah seperti dalam Resolusi 181.

Resolusi 181 atau rencana pembagian Palestina berbunyi, dua negara yang hidup berdampingan dalam kedamaian dan keamanan, memenuhi aspirasi nasional yang sah dari kedua bangsa.

Perbatasan diambil berdasarkan pendekatan pada 1967, yakni Yerusalem sebagai ibu kota kedua negara, dengan Yerusalem Timur menjadi ibu kota Palestina.

Gutteres memuji upaya pemerintah Mesir dan mitra regional serta internasional yang bersama-sama menjadi koordinastor khusus proses perdamaian Timur Tengah.

Dengan begitu, langkah tersebut dapat memperbaiki situasi kemanusiaan di Gaza, memulihkan ketenangan, dan mendukung rekonsiliasi intra-Palestina dan kembalinya pemerintah Palestina yang sah di Gaza.

Baca juga: Rencana Perdamaian Israel-Palestina Versi Trump Dinilai Buang Waktu

Mengutip laman resmi PBB, Presiden Majelis Umum Maria Fernanda Espinosa menilai solidaritas terhadap rakyat Palestinan tidak boleh karena simpati.

"Solidaritas kami dengan rakyat Palestina tidak boleh berakar hanya karena simpati. Tapi memang rakyat Palestina berhak atas lebih dari itu," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Xinhuanet
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com