Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Kasus Pembunuhan Khashoggi, Putin Bakal Temui MBS di Argentina

Kompas.com - 28/11/2018, 23:07 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan bakal bertemu secara empat mata dengan Pangeran Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman di sela KTT G20 di Argentina.

Putin disebut akan membahas kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi, yang telah menyeret nama MBS, sapaan pangeran mahkota Saudi, dan mencoreng reputasinya.

"Tentu saja, mereka akan berbicara tentang hal itu," kata penasihat kebijakan luar negeri Rusia, Yuri Ushakov, Rabu (28/11/2018), mengacu pada kasus pembunuhan wartawan itu.

Pertemuan Putin dengan MBS direncanakan dilangsungkan setelah dimulainya KTT G20 yang akan dibuka pada Jumat (30/11/2018).

Dilansir AFP, Ushakov menambahkan, kendati akan membahas kasus Khashoggi, dirinya menekankan bahwa pertemuan kedua pemimpin negara itu akan lebih banyak membahas tentang perkembangan hubungan Rusia dengan Saudi.

Baca juga: Presiden Ukraina Minta Trump Sampaikan Pesan Khusus Ini kepada Putin

Putin terakhir kali bertemu dengan Pangeran Mahkota Saudi sebelum pembukaan Piala Dunia 2018 di Moskwa pada Juni lalu.

MBS yang baru saja merampungkan rangkaian tur ke negara-negara Arab dengan mengunjungi Uni Emirat Arab, Bahrain, Mesir, dan Tunisia, telah tiba di Argentina, pada Rabu (28/11/2018).

Selain pertemuannya dengan Putin, selama berada di Argentina MBS juga diharapkan bakal bertemu dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Jika pertemuan itu terjadi maka hal itu akan menjadi pertama kalinya antara kedua pemimpin negara sejak munculnya kasus pembunuhan Khashoggi.

Terakhir keduanya hanya berkomunikasi melalui telepon untuk membahas kasus pembunuhan yang terjadi di konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober tersebut.

Baca juga: Erdogan Mungkin akan Bertemu MBS di Argentina Pekan Depan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com