Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentaranya Tahan Tiga Kapal Ukraina, Putin: Mereka Hanya Melakukan Kewajiban

Kompas.com - 28/11/2018, 21:46 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin mengungkapkan bahwa pasukan penjaga perbatasan yang menembaki dan menyita tiga kapal milik Angkatan Laut Ukraina hanya menjalankan kewajiban mereka.

"Mereka hanya memenuhi tugas militer mereka. Mereka memenuhi fungsi sah mereka dalam melindungi perbatasan Rusia," kata Putin dalam pidatonya di hadapan forum investasi di Moskwa, Rabu (28/11/2018).

Putin menyebut insiden yang terjadi di wilayah perairan Crimea, pada Minggu (25/11/2018) tersebut, dipicu tindakan provokasi yang dilakukan Angkatan Laut Ukraina dengan tidak menanggapi peringatan dari pasukan perbatasan Rusia.

Baca juga: Dianggap Langgar Batas, 3 Kapal AL Ukraina Ditembak dan Ditahan Rusia

Akibatnya, tentara perbatasan Rusia melepaskan tembakan ke arah tiga kapal Ukraina itu sebelum mengambil kendali dan menyitanya.

Bersama dengan tiga kapal angkatan laut tersebut, Moskwa juga menahan 24 pelaut Ukraina.

"Kapal militer menyusup ke wilayah perairan Rusia dan tidak menjawab (penjaga perbatasan). Apa yang seharusnya mereka lakukan?" kata Putin.

"Para penjaga akan melakukan tindakan yang sama di negara Anda. Ini adalah hal yang benar-benar jelas," tambah Putin.

Sebelumnya diberitakan, tiga kapal milik Angkatan Laut Ukraina telah ditembaki dan ditahan tentara Rusia saat berada di perairan di Selat Kerch, yang menghubungkan Laut Hitam dengan Laut Azov, Minggu (25/11/2018).

"Wilayah perairan itu selalu menjadi milik kami, bahkan sebelum Crimea bergabung dengan Rusia," kata Putin, mengacu pada pencaplokan yang dilakukan negaranya di Semenanjung Moskwa pada 2014.

Pemerintahan negara-negara Barat telah menyatukan suara dan mendukung Kiev dalam perselisihan antara Rusia dengan Ukraina kali ini.

Mereka menuduh Rusia telah secara ilegal memblokir akses ke Laut Azov dan mengambil tindakan militer tanpa pembenaran.

Baca juga: Kapal Angkatan Lautnya Ditahan Rusia, Presiden Ukraina Tanda Tangani UU Darurat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com