Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potongan Tangga Menara Eiffel Terjual Lebih dari Rp 2 Miliar dalam Lelang

Kompas.com - 28/11/2018, 17:19 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com - Sepotong bagian tangga dari Menara Eiffel terjual hampir 170.000 euro (sekitar Rp 2,8 miliar) dalam lelang yang digelar pada Selasa (27/11/2018).

Struktur tangga berbentuk spiral yang terdiri dari 24 anak tangga berbahan besi itu merupakan bagian yang menghubungkan lantai kedua dan ketiga dari menara di Paris.

Potongan tangga tersebut terjual pada seorang kolektor asal Timur Tengah seharga 169.000 euro (sekitar Rp 2,7 miliar). Nilai lelang itu hampir tiga kali lipat dari perkiraan sebelum penjualan.

Dilansir dari AFP, rumah lelang Artcurial, yang berbasis di Perancis, semula memperkirakan potongan struktur tangga tersebut hanya akan terjual sekitar 60.000 euro (sekitar Rp 983 juta).

Potongan struktur tangga spiral setinggi 4,3 meter tersebut sebelumnya menjadi bagian koleksi pribadi seorang warga Kanada.

Baca juga: Menara Eiffel Gelap Gulita untuk Hormati Korban Penembakan Sinagoge

Potongan yang terjual pada Selasa itu, merupakan satu dari 24 bagian tangga yang dihapus dari Menara Eiffel pada 1983 untuk memberi ruang bagi elevator demi memudahkan pengunjung yang ingin menuju puncak menara.

Sebanyak 24 potongan struktur tangga tersebut memiliki ukuran tinggi antara dua hingga sembilan meter.

Beberapa bagian tangga telah dibeli oleh museum atau menajdi instalasi bersejarah di berbagai situs ternama di seluruh dunia.

Rumah lelang Artcurial bukan baru pertama kali ini melelang potongan struktur tangga Menara Eiffel.

Pada 2016, mereka juga telah melelang struktur tangga dengan 14 anak tangga dan terjual senilai 523.800 euro kepada seorang pembeli Asia.

Menara Eiffel telah menjadi salah satu struktur bangunan paling dikenal di seluruh dunia. Menara itu merupakan rancangan dari arsitek Perancis bernama Gustave Eiffel.

Mulai dibangun pada Januari 1887 dan selesai pada Maret 1889, Menara Eiffel memiliki tinggi 324 meter. Pembangunan menara tersebut sebagai bagian dari Paris Universal Exhibition pada 1889.

Menara Eiffel sempat menjadi struktur bangunan paling tinggi di dunia selama 41 tahun, hingga dibangunnya Chrysler Building di New York pada 1930.

Baca juga: Antrean Pengunjung Mengular, Pegawai Menara Eiffel Mogok Kerja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com