Kompas.com - 28/11/2018, 14:33 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Direktur Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA) Gina Haspel diduga dilarang untuk memberi keterangan ke Senat terkait pembunuhan Jamal Khashoggi.

Dilaporkan The Guardian Selasa (27/11/2018), Senator Bob Corker selaku Ketua Komite Luar Negeri meminta kehadiran Haspel.

Baca juga: Alasan Ini Bikin Penasihat AS Tak Dengarkan Bukti Pembunuhan Khashoggi

Haspel dilaporkan sebelumnya telah pergi ke Turki dan mendengarkan secara langsung rekaman pembunuhan yang terjadi pada 2 Oktober itu.

Statusnya sebagai pejabat tinggi intelijen membuat keterangannya dibutuhkan sebelum Senat AS mengambil keputusan apakah bakal menghentikan dukungan bagi Arab Saudi di Yaman.

Namun hingga Selasa malam waktu setempat, Haspel tidak menunjukkan tanda-tanda bakal hadir dalam rapat dengar pendapat tersebut.

Sumber internal Senat menyatakan direktur berusia 62 tahun itu dicegah berdasarkan keputusan yang dibuat oleh Gedung Putih.

Karena itu dalam rapat tertutup yang berlangsung Rabu (28/11/2018), yang memberi keterangan adalah Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan Menteri Pertahanan James Mattis.

Senator Dick Durbin dari Partai Demokrat mengeluhkan absennya Haspel dan mempertanyakan sikap Gedung Putih yang terkesan menyembunyikan sesuatu.

Senator dari Illinois itu menjelaskan, situasi yang terjadi pada Khashoggi sangat luar biasa, dan membutuhkan penilaian dari Kemenlu maupun intelijen.

"Absennya Haspel begitu jelas dan membuat pertanyaan kesungguhan pemerintahan ini memberikan kebenaran jadi mencuat," kata Durbin kepada CNN.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.