Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlalu Besar, Sapi di Australia Ini Selamat dari Rumah Potong Hewan

Kompas.com - 28/11/2018, 14:30 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

PERTH, KOMPAS.com - Seekor sapi di sebuah peternakan di Australia telah tumbuh menjadi sangat besar sehingga pemiliknya kesulitan untuk menjual maupun membawanya ke rumah pemotongan hewan.

Sapi jenis Holstein Friesian yang diberi nama Knickers oleh pemiliknya itu kini memiliki bobot hampir 1,4 ton dan tinggi 194 sentimeter.

Pemiliknya, Geoff Pearson, pertama kali membeli sapi jantan tersebut untuk memimpin kawanan ternaknya di ladang.

Dia membeli Knickers bersama sejumlah sapi lainnya yang sejenis. Menurut Pearson, sejak pertama dibeli, sapi jantan itu sudah lebih menonjol dibandingkan ternak lainnya.

"Dia selalu sedikit lebih besar dan lebih menonjol dibandingkan ternak lainnya," kata Pearson dilansir Daily Mirror.

Baca juga: Seekor Sapi Jantan di Pantai Hong Kong Mati dengan Perut Penuh Sampah Plastik

Namun yang tidak disangka, seiring waktu Knickers tumbuh semakin besar, bahkan menjadi jauh lebih besar dari sapi lain sejenisnya.

Pearson mengaku sempat mencoba menjual sapi itu dalam sebuah lelang yang digelar bulan lalu. Namun lantaran ukurannya yang terlalu besar, para pemilik rumah pengolahan daging mengaku tidak bisa mengangkutnya.

Knickers si sapi jantan raksasa tersebut hanya akan dibiarkan berkeliaran di ladang peternakan yang berlokasi di dekat Danau Preston, kawasan Myalop, sekitar 136 kilometer arah selatan Perth.

"Sapi itu terlalu berat. Saya tidak bisa memasukkannya melalui fasilitas pemrosesan," kata Pearson kepada harian Perth Now.

"Jadi saya pikir dia akan hidup bahagia selamanya," tambahnya yang memiliki peternakan dengan sekitar 20.000 ekor ternak.

Pearson meyakini, sapi raksasanya itu masih akan hidup hingga beberapa tahun mendatang, dikelilingi dengan sapi lain yang selalu mengikutinya.

Sapi itu juga telah menjadi sorotan media lokal selama beberapa tahun terakhir. Knickers disebut sebagai sapi ternak terbesar di Australia, meski hal itu belum resmi.

Menurut catatan dalam buku rekor Guinness, sapi ternak terbesar di dunia yang masih hidup adalah Belino di Roma, yang tercatat pada Maret 2010 memiliki tinggi 198 sentimeter.

Baca juga: Lewat Referendum, Warga Swiss Tentukan Nasib Tanduk Sapi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com