Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Ini Bikin Penasihat AS Tak Dengarkan Bukti Pembunuhan Khashoggi

Kompas.com - 28/11/2018, 11:44 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) John Bolton mengaku tak mendengarkan bukti rekaman pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi.

Bukti rekaman itu dibagikan oleh otoritas penegak hukum Turki sejak Khashoggi dibunuh di Konsulat Istanbul pada 2 Oktober lalu.

Baca juga: Trump Tak Ingin Dengarkan Penderitaan Khashoggi di Bukti Rekaman

Dilansir AFP Selasa (27/11/2018), Bolton mengatakan dia tidak perlu untuk mendengarkan rekaman tersebut karena dia tidak memahami bahasa Arab.

"Saya pikir saya harus bertanya kepada Anda apa yang bisa saya pelajari jika saya mendengarkan rekaman itu," kata Bolton kepada awak media.

Penasihat yang menjabat sejak 9 April 2018 itu mendapat pertanyaan mengapa dia tidak mendengarkan rekaman itu sambil dibantu penerjemah.

"Saya tentu bisa membaca transkrip yang disediakan," ujarnya. Pernyataan Bolton senada dengan apa yang diucapkan Presiden Donald Trump.

Pekan lalu, Trump mengatakan dia tidak perlu mendengarkan rekaman pembunuhan tersebut karena dia tidak ingin mendengarkan penderitaan Khashoggi.

Trump juga merilis keterangan resmi yang menyatakan kasus tewasnya Khashoggi tidak akan memengaruhi hubungan bilateral AS dan Saudi.

Salah satu yang menjadi pertimbangan Trump adalah kontrak pembelian senjata Saudi yang mencapai 110 juta dollar AS, atau Rp 15,9 triliun.

"Jika kami gegabah memutus kontrak itu, maka pihak yang bakal mengambil keuntungan adalah Rusia serta China," papar Trump.

Selain itu, Saudi selama ini telah menjaga harga minyak dunia tetap stabil. Dia berujar harga minyak bakal meroket jika Washington bertindak ceroboh.

Saat kasus pembunuhan itu mencuat, Riyadh bersikukuh jurnalis berusia 59 tahun tersebut telah meninggalkan gedung konsulat dengan selamat.

Namun, mereka akhirnya mengakui bahwa Khashoggi dibunuh di dalam gedung dan jenazahnya dimutilasi, serta mengumumkan telah menangkap 21 orang.

Lima di antaranya dituntut hukuman mati karena dianggap sebagai sosok yang merencanakan dan melaksanakan eksekusi kepada Khashoggi.

Baca juga: Menlu Turki: 7 Menit Rekaman Pembunuhan Khashoggi Sangat Menjijikkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com