Kompas.com - 27/11/2018, 23:07 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Media Arab Saudi telah mempublikasikan sebuah gambar palsu yang menunjukkan piramida Mesir menampilkan proyeksi bendera Saudi, bertepatan dengan kedatangan Pangeran Mahkota Muhammed bin Salman.

Media penyiaran yang didanai Saudi, Al-Arabiya, pada Selasa (27/11/2018), memberitakan tentang otoritas Mesir yang disebut telah melakukan penyambutan unik untuk Pangeran Mohammed yang tiba di Kairo.

Pemberitaan yang sama juag dimuat harian lokal Mesir, El-Fagr, yang menyebut Kairo telah menampilkan tanda selamat datang kepada kerajaan Saudi.

Namun seorang akademisi Inggris, HA Hellyer, telah mengungkapkan bahwa ternyata foto yang disebarkan oleh media lokal Mesir maupun Arab Saudi itu ternyata palsu.

Baca juga: Tiba di Kairo, Putra Mahkota Saudi Disambut Presiden Mesir

"Saya baru saja memeriksa apakah gambar itu benar atau tidak dengan sumber-sumber Mesir dan ternyata itu palsu," kata peneliti senior dari Dewan Atlantik Royal United Services Institute in London, melalui akun Twitter-nya.

"Tidak ada tampilan bendera Saudi di piramida Giza. Syukurlah. Sangat menggelikan melihat akun baik yang mendukung maupun anti dengan MBS dan Sisi menyebarkannya ke mana-mana," lanjutnya.

Otoritas Mesir sering menyorot Piramida Agung di Giza dengan bendera negara lain saat terjadi sebuah tragedi nasional. Namun tidak pada dua piramida lainnya.

Hal itu dapat menjadi bukti lain bahwa gambar yang ditampilkan media Saudi maupun harian Mesir tersebut adalah palsu.

Pangeran Mahkota Saudi, yang akrab disapa dengan MBS tersebut tiba di Kairo pada Senin (26/11/2018) dan bertemu dengan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi.

Kunjungan MBS ke Mesir sebagai bagian dari rangkaian tur ke negara Arab yang diperintahkan oleh Raja Salman bin Abdulaziz.

Tur yang dilakukan MBS tersebut juga menjadi sorotan karena dilakukan di tengah kecaman masyarakat internasional terhadap pemerintah kerajaan Saudi terutama putra mahkota, terkait kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Baca juga: MBS Jalani Tur ke Negara Arab, Pertama Kali sejak Kasus Khashoggi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.