Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xi Jinping akan Hadiri Pelantikan Presiden Meksiko

Kompas.com - 27/11/2018, 21:34 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - Presiden China Xi Jinping dijadwalkan menghadiri upacara pelantikan presiden terpilih Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador pada Sabtu (1/12/2018).

Disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang, perjalanan Xi ke Meksiko sekaligus menegaskan pentingnya hubungan antara kedua negara.

"Kehadiran Xi pada upacara pelantikan tersebut menunjukkan tingkat kepentingan yang tinggi dalam hubungan antara China dengan Meksiko," kata Geng dalam konferensi pers, Selasa (27/11/2018), seperti dilansir AFP.

Baca juga: Meme Winnie The Pooh Ramaikan Media Sosial saat Xi Jinping ke Filipina

Ditambahkannya, China dengan Meksiko telah menjadi mitra strategis yang komprehensif dan memiliki hubungan erat serta saling percaya dalam politik.

Namun sebelum menuju Meksiko, Xi akan lebih dulu dijadwalkan bertemu dengan Presiden AS Donald Trump di Buenos Aires, Argentina, dalam agenda KTT G20.

Pertemuan tersebut akan kembali membahas tentang perang dagang kedua negara yang belum menunjukkan tanda-tanda akan mereda.

China sedang berupaya meningkatkan hubungan dengan negara lain dan menjalin kemitraan ekonomi baru, karena hubungannya dengan AS yang semakin tegang.

Pemerintahan Trump sebelumnya telah lebih dulu mencapai kesepakatan dengan Kanada dan Meksiko pada Oktober lalu untuk mengubah Perjanjian Perdangan Bebas Amerika Utara (NAFTA).

Kesepakatan baru yang disebut dengan Perjanjian AS-Meksiko-Kanada (USMCA) itu salah satunya melarang perdagangan bebas antara negara penandatangan dengan Beijing.

Baca juga: Survei: Dunia Lebih Percaya Xi Jinping atau Putin Ketimbang Trump

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com