Kompas.com - 27/11/2018, 20:26 WIB
|

MOSKWA, KOMPAS.com - Pasukan Rusia memamerkan tiga pelaut Ukraina yang mereka tangkap dalam insiden di Selat Kerch, Minggu (25/11/2018).

Ketiganya kemudian direkam dalam video dan mereka mengakui menjadi pemicu insiden dramatis di perairan Semenanjung Crimea itu.

Rekaman video itu dirilis dinas rahasia Rusia FSB yang merupakan bantuk baru dari dinas intelijen di masa Uni Soviet, KGB.

Baca juga: INFOGRAFIK: Perbandingan Kekuatan Militer Rusia dan Ukraina

Dalam video yang disiarkan di stasiun televisi pemerintah Rusia itu, ketiga pelaut Ukraina mengaku telah memasuki wilayah perairan Rusia.

Mereka mengaku, langkah tersebut diambil untuk memprovokasi militer Rusia agar mencegat kapal-kapal perang Ukraina itu.

FSB mengidentifikasi salah satu pelaut itu bernama Andrey Drach, seorang perwira dari Direktorat Kontraintelijen Militer Ukraina.

Dalam video itu Drach mengaku pasukan penjaga pantai Rusia sudah memberikan peringatan saat kapal-kapal Ukraina memasuki wilayah Rusia.

Pelaut lain bernama Sergey Tsybizov juga mengeluarkan pengakuan yang sama.

Sementara pelaut ketiga, Kapten Vladimir Lesovoy mengklaim, awak kapalnya menyadari bahwa tindakan mereka merupakan sebuah provokasi.

Rusia memang menglaim ketiga kapal Ukrainia itu mengabaikan peringatan saat memasuki perairan negeri itu.

Halaman:
Sumber Mirror


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.