Kompas.com - 27/11/2018, 18:03 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Militer Jepang dilaporkan mempertimbangkan untuk membeli 100 unit jet tempur F-35 buatan Amerika Serikat (AS).

Dilaporkan AFP Selasa (27/11/2018), pembelian tersebut bernilai lebih dari 1 triliun yen, atau sekitar Rp 127,7 triliun.

Baca juga: Belgia Putuskan Beli F-35 dari AS Senilai Rp 62 Triliun

Harian lokal Nikkei mewartakan pembelian itu terjadi setelah Presiden AS Donald Trump mengeluhkan defisit perdagangan dengan Jepang.

Dia mendesak Tokyo untuk membeli lebih banyak peralatan militer maupun produk AS lainnya. Pembelian itu juga untuk menangkal semakin meluasnya militer China di kawasan.

Sebelumnya Jepang telah menyepakati untuk membeli 42 unit F-35 sebelum dilaporkan bakal membeli 100 unit tambahan jet tempur siluman generasi kelima tersebut.

Kabinet diharapkan bakal menerima proposal itu pada pertengahan Desember mendatang setelah panduan program pertahanan negara sudah keluar.

Saat dikonfirmasi, Kementerian Pertahanan Jepang menyanggahnya. "Semua laporan tentang pembelian perangkat militer tambahan masih dalam tahap pertimbangan," ujar kemenhan.

Pada September, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berkata kepada Trump bahwa perangkat militer berteknologi tinggi bakal meningkatkan pertahanan Jepang.

Selain jet tempur, Jepang dilaporkan juga berencana untuk meningkatkan kemampuan kapal perusak pengangkut helikopternya, Izumo.

Kyodo News yang mengutip sumber pemerintah melaporkan kapal perusak itu rencananya bakal ditingkatkan hingga menjadi kapal induk.

Kapal itu mempunyai bobot 19.500 ton dengan panjang 248 meter dan bisa mengangkut 14 helikopter, termasuk helikopter anti-kapal selam (ASW).

"Kami bakal menggunakannya untuk berbagai kepentingan," terang Menteri Pertahanan Takeshi Iwaya dalam konferensi pers.

Merujuk kepada konstitusi, kemampuan militer Jepang hanya diperbolehkan sebatas melindungi diri, dan sangat bergantung kepada persenjataan dari AS.

Baca juga: Satu Jet Tempurnya Jatuh, Pentagon Kandangkan Semua Armada F-35

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.