Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Perang Inggris Dikelilingi 17 Jet Tempur Rusia di Laut Hitam

Kompas.com - 27/11/2018, 11:53 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

LONDON, KOMPAS.comInggris mengklaim kapal perang mereka yang tengah berlayar di Laut Hitam dikepung 17 jet tempur Rusia.

Pernyataan itu terlontar di tengah kabar Angkatan Laut Rusia yang menembaki dan menyita tiga kapal perang Ukraina di dekat Crimea.

Dilansir Sky News pada Senin (26/11/2018), kapal perusak HMS Duncan sedang berada dalam misi Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) pada Mei lalu.

Baca juga: NATO dan Ukraina Bicarakan Ketegangan dengan Rusia

Dalam tayangan dokumenter Channel 5 Warship: Life at Sea, jet tempur Rusia itu melakukan buzzing (terbang rendah dan cepat) di sekitar HMS Duncan.

Awak kapal mengatakan, jet tempur Rusia itu terbang begitu dekat sehingga ada kemungkinan perangkat elektronik mereka bisa dikacaukan sistem radar Duncan.

Ancaman yang bakal terjadi jika perangkat elektronik mereka kacau adalah jet tempur Rusia tersebut bisa jatuh dan menabrak Duncan.

Salah satu awak kapal berbanderol 1 miliar poundsterling (Rp 18,5 triliun) itu sempat menangkap pesan dari jet tempur Rusia.

"Semoga berhasil Bung," itulah pesan yang ditangkap dari Rusia. Sebagian awak kapal memprediksi pesan itu merupakan peringatan akan adanya serangan.

Sementara awak lain masih menyuarakan optimisme. "Mereka berjumlah 17 unit. Kami memiliki 48 rudal. Saya yakin kami bisa menang," kelakar awak kapal tersebut.

Komodor Mike Utley yang memimpin satuan tugas NATO dari Duncan menyatakan, 17 pesawat itu berasal dari berbagai tipe, mulai dari jet tempur hingga jet pengebom.

Utley menjelaskan, taktik yang dipakai pesawat Rusia itu terbilang naif karena mereka tentu tidak mengetahui kemampuan kapal perusak Type 45 itu.

"HMS Duncan saya kira adalah aset maritim satu-satunya yang menyaksikan 'serbuan' seperti ini dalam 25 tahun terakhir," paparnya dikutip Daily Mail.

Kapten Duncan, Kapten Eleanor Stack berujar, mengaku belum pernah berada dalam situasi di mana banyak pesawat Rusia melintas.

Tayangan berlanjut di mana Duncan meluncurkan helikopter Merlin Mk2 untuk mencegat kapal pengintai Rusia yang tertangkap radar.

Letnan Komandan James Smith mengatakan, ada kemungkinan keberadaan HMS Duncan di Laut Hitam dipertimbangkan Rusia bisa mengeskalasi ketegangan.

Baca juga: Tiga Kapalnya Disita Rusia, Militer Ukraina Diperintah Siap Perang

Namun, lanjut Smith, itu bergantung kepada narasi apa yang disajikan. Dia berkata Kremlin begitu bagus jika memutarbalikkan fakta.

"Mereka boleh berteriak semau mereka. Namun, kami, sebagai unit, berhak untuk berada di mana dan beroperasi di tempat yang diizinkan," tegasnya.

Menteri Pertahanan Inggris Gavin Williamson mengungkapkan, Rusia telah menunjukkan "sikap bermusuhan" kepada HMS Duncan.

"Sebagai garda terdepan NATO, kapal ini memainkan peran vital melindungi sekutu NATO dalam satu tahun terakhir," ucap Williamson.

Baca juga: Rusia Sita Kapal Perang Ukraina, DK PBB Gelar Rapat Darurat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com