Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Otoritas Israel Kembali Tangkap Gubernur Palestina di Yerusalem

Kompas.com - 25/11/2018, 20:38 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TEL AVIV, KOMPAS.com - Kepolisian Israel telah kembali menahan gubernur Palestina untuk Yerusalem, Adnan Gheith pada Sabtu (24/11/2081) malam.

Penangkapan tersebut menjadi kali kedua bagi Gheith yang sebelumnya juga sempat ditahan pada 20 Oktober lalu, meski kemudian dibebaskan setelah dua hari berselang.

Kabar penangkapan Gheith disampaikan juru bicara kepolisian Micky Rosenfeld, Minggu (25/11/2018). Namun dia tidak memberi penjelasan lebih lanjut terkait penangkapan tersebut.

Melansir dari AFP, penangkapan dilakukan di Yerusalem Timur, setelah adanya laporan penyelidikan terkait penjualan tanah.

Baca juga: Otoritas Israel Tangkap Seorang Pejabat Palestina di Yerusalem

Petugas keamanan Israel tidak bersedia berkomentar selain mengatakan, penangkapan tersebut berkaitan dengan masalah yang berhubungan dengan uang.

Gheith dijadwalkan akan dihadirkan di sidang dengar pendapat di Pengadilan Yerusalem, di mana rincian tuduhan terhadapnya kemungkinan akan disampaikan kemudian.

Sebelumnya, pada 20 Oktober, Gheith ditahan selama dua hari dan menjalani pemeriksaan sebelum dibebaskan, dengan badan keamanan domestik Shin Bet Israel mengatakan penahanan dilakukan setelah adanya laporan kegiatan ilegal oleh otoritas Palestina di Yerusalem.

Gheith juga sempat menjalani beberapa pemeriksaan oleh polisi dalam beberapa pekan terakhir. Kantornya di Yerusalem Timur juga sempat digerebek pada 4 November.

Sementara diberitakan media Israel, pihak berwenang telah menyelidiki gubernur menyusul penangkapan seorang pria oleh Otoritas Palestina di bulan Oktober dengan tuduhan terlibat dalam penjualan properti di Yerusalem Timur kepada seorang pembeli Yahudi.

Tindakan penjualan tersebut sering dianggap warga Palestina sebagai bentuk pengkhianatan.

Namun di antara orang Israel, muncul seruan kepada pihak berwenang agar membebaskan pria yang ditangkap Otoritas Palestina tersebut.

Pengamat meyakini, penangkapan Gheith kali ini ada kaitannya dengan upaya Israel menekan Otoritas Palestina untuk membebaskan pria yang mereka tahan.

Baca juga: Otoritas Israel Bebaskan Gubernur Palestina untuk Yerusalem

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com