Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Saran Ahli supaya Dapat Berinteraksi dengan Suku Sentinel

Kompas.com - 24/11/2018, 18:40 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP

NEW DELHI, KOMPAS.com - Suku Sentinel, penghuni Pulau Sentinel Utara, Kepulauan Andaman, India diyakini sebagai keturunan terakhir dari manusia pertama yang tiba di Asia.

Mereka begitu menutup diri dari dunia luar dan tak segan untuk membunuh orang asing yang mendekati pulau. Bahkan petualang abad 13 Marco Polo menyebut mereka brutal dan kejam.

Tak ada yang banyak diketahui tentang suku Sentinel sehingga menjadi rintangan utama untuk mendekati dan berinteraksi dengan mereka.

Meksi demikian, pemerintah berkomitmen untuk melindungi suku Sentinel.

Baca juga: Jenazah Pria AS yang Dipanah Suku Sentinel Kemungkinan Tak Bisa Diambil

Kini, kepolisian India tengah berada dalam dilema untuk mengambil jenazah pria Amerika Serikat John Allen Chau yang tewas dipanah suku Sentinel.

Jenazah Chau bahkan belum diketahui keberadaannya. Di sisi lain, pihak berwenang juga harus menjaga privasi di sekitar Sentinel Utara.

Interaksi dengan orang luar dapat menjadi bencana besar bagi kesehatan suku Sentinel, sebab mereka tidak memiliki ketahanan terhadap penyakit asing.

Jika polisi pergi ke pulau untuk mengambil jenazah Chau, mereka mungkin juga terbunuh.

Pihak berwenang terus berkomunikasi dengan ahil antropologi dan kesejahteraan suku tentang cara terbaik berinteraksi dengan suku terasing itu.

Foto ini diambil 28 Desember 2004 menunjukkan seorang pria suku Sentinel mengarahkan busur dan anak panahnya ke sebuah helikopter Pasukan Penjaga Pantai India saat terbang melintasi Pulau Sentinel Utara di Kepulauan Andaman. (AFP) Foto ini diambil 28 Desember 2004 menunjukkan seorang pria suku Sentinel mengarahkan busur dan anak panahnya ke sebuah helikopter Pasukan Penjaga Pantai India saat terbang melintasi Pulau Sentinel Utara di Kepulauan Andaman. (AFP)
Profesor antropolog di Universitas Delhi, Anup Kapoor, menuturkan bagi siapa pun yang ingin membuka interaksi dengan suku Sentinel harus menunjukkan tingkat yang sama.

"Jangan mengenakan apa pun," ucapnya kepada AFP.

"Hanya dengan itu, Anda bisa berharap memiliki semacam interaksi," imbuhnya.

Baca juga: Penculikan di Abad 19 Penyebab Suku Sentinel Trauma Orang Asing?

Kapoor pernah berhasil berinteraksi dengan Onge, suku Andaman lainnya.

"Baru setelah saya menanggalkan pakaian saya, kecuali pakaian dalam saya," ucapnya.

"Kami tidak tahu tentang sistem komunikasi mereka, sejarah, dan budaya mereka. Jadi bagaimana kami bisa mendekati mereka," tutur Kapoor.

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com