Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukisan Erotis tentang Ratu dan Angsa Ditemukan di Pompeii

Kompas.com - 23/11/2018, 19:35 WIB
Bhakti Satrio Wicaksono,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sejumlah arkeolog menemukan lukisan erotis peninggalan Romawi di reruntuhan kota kuno Pompeii, Italia.

Lukisan tersebut menggambarkan kisah yang sudah tersohor bagi masyarakat Romawi dan Yunani tentang Ratu Sparta Leda dan Angsa.

Lukisan bergaya fresko yang ditemukan menggambarkan Leda yang merupakan istri Raja Sparta Tyndareus sedang digoda oleh seekor angsa. Sebenarnya, angsa tersebut adalah jelmaan dewa Zeus yang jika dalam perpektif Romawi merupakan dewa Jupiter. Di malam yang sama, Leda juga berhubungan badan dengan suaminya sendiri.

Hasil dari hubungan cinta antara Leda dan angsa sekaligus suaminya sendiri menghasilkan dua telur, yang kemudian menetas menjadi sosok Helen, Clytemnestra dan si kembar Castor dan Pollux.

Baca juga: Rangka Manusia Ketiban Batu Ungkap Jejak Letusan Vesuvius di Pompeii

Massimo Osanna, direktur arkeologi dari Pompeii berkata bahwa lukisan erotis yang menunjukkan Leda disetubuhi oleh angsa merupakan motif umum yang ditemukan di rumah-rumah di Pompeii sebelum dihancurkan oleh abu vulkanik dan puing-puing Vesuvius.

Sejumlah arkeolog menemukan lukisan erotis peninggalan Romawi di reruntuhan kota kuno Pompeii, Italia. Lukisan tersebut menggambarkan kisah yang sudah tersohor bagi masyarakat Romawi dan Yunani yaitu tentang kisah erotis Ratu Sparta, Leda dan Angsa.Pompeii Sites Sejumlah arkeolog menemukan lukisan erotis peninggalan Romawi di reruntuhan kota kuno Pompeii, Italia. Lukisan tersebut menggambarkan kisah yang sudah tersohor bagi masyarakat Romawi dan Yunani yaitu tentang kisah erotis Ratu Sparta, Leda dan Angsa.

Namun, temuan ini lain dari pada temuan-temuan sebelumnya. Osanna berpendapat bahwa penggambaran Leda yang melihat keluar dari lukisan seakan memandang kita sebagai pengamatnya.

Selain itu, jarang sekali Leda dilukiskan secara eksplisit sedang duduk dan melakukan hubungan seksual dengan angsa seperti temuan ini. Biasanya, Leda digambarkan dalam keadaan berdiri dan tidak terlihat melakukan hubungan seks dengan angsa.

"Leda menatap penonton dengan sensualitas yang benar-benar diucapkan," ujar Osanna seperti yang dilansir dari News Week pada Senin (19/11/2018).

Baca juga: Temuan Kuda Beku Ungkap Kehidupan di Pompeii 2.000 Tahun Silam

Menurut arkeolog lain, temuan lukisan ini kemungkinan terinspirasi oleh patung Leda yang dibuat oleh pematung Yunani, Timotheus, pada abad keempat sebelum masehi. Patung yang dimaksud memang membentuk tubuh Leda yang berdiri sambil memegang angsa yang berada di sekitar pinggulnya.

Melansir dari BBC, lukisan ini kemungkinan adalah hiasan di ruangan kamar tidur milik seseorang yang kaya raya yang tinggal di dekat pusat kota kuno Pompeii. Para arkeolog juga menemukan lukisan lain tentang Priapus dewa kesuburan di rumah lain yang berdekatan.

Kisah Leda dan Angsa telah menginspirasi dan menjadi daya tarik luar biasa bagi para seniman Renaisans di Italia pada abad ke-16. Kisah ini menginspirasi karya-karya seniman besar, seperti Leonardo da Vinci, Michelangelo dan Tintoretto.

Tidak hanya dalam bidang seni lukis, kisah Leda dan angsa juga menjadi inspirasi akan puisi dengan judul yang sama karya William Butler Yeats yang merupakan sosok penyair yang paling berpengaruh di abad 20.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com