Kompas.com - 22/11/2018, 17:33 WIB

KOPENHAGEN, KOMPAS.com - Pemerintah Denmark, Kamis (22/11/2018), mengumumkan penangguhan penjualan persenjataan ke Arab Saudi.

Denmark menjadi negara kedua yang memutuskan menangguhkan pengiriman senjatanya ke negara kerajaan itu setelah Jerman.

Keputusan tersebut diambil Kopenhagen sebagai tanggapan atas kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

"Kementerian luar negeri telah menangguhkan seluruh penjualan persenjataan dan peralatan militernya ke Arab Saudi," kata Menteri Luar Negeri Denmark, Anders Samuelsen dilansir AFP.

"Saya berharap, keputusan Denmark ini akan mampu menciptakan momentum tambahan," tambahnya, merujuk pada kasus pembunuhan Khashoggi.

Baca juga: Kasus Khashoggi, AS Berencana Hentikan Penjualan Senjata ke Saudi

Keputusan Denmark tersebut mengikuti langkah yang sebelumnya diambil pemerintah Jerman pada Oktober lalu.

Berlin bahkan menyerukan kepada negara-negara Uni Eropa untuk beramai-ramai menangguhkan penjualan persenjataannya ke Arab Saudi.

Pekan lalu, Jerman juga telah menjatuhkan sanksi larangan terhadap 18 individu Saudi untuk memasuki wilayahnya dan zona bebas paspor Schengen Eropa karena keterlibatan mereka dalam kasus pembunuhan Khashoggi.

Berbeda dengan Jerman, Denmark untuk saat ini belum berencana mempertimbangkan sanksi lain terhadap pemerintah maupun warga Saudi. Demikian disampaikan juru bicara kementerian luar negeri Denmark.

Selain Jerman, pemerintah AS juga telah menjatuhkan sanksi terhadap warga Saudi yang menjadi tersangka dalam kasus Khashoggi. Sanksi yang diberikan kepada 18 individu tersebut berupa pembekuan aset dan larangan melakukan kerja sama perdagangan.

Baca juga: Buntut Kasus Khashoggi, Jerman Berniat Menunda Jual Senjata ke Saudi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.