Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Pembunuhan Presiden AS John F Kennedy pada 55 Tahun Lalu..

Kompas.com - 22/11/2018, 14:46 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lima puluh lima tahun lalu, 22 November 1963, Presiden ke-35 Amerika Serikat, John Fitzgerald Kennedy tewas setelah dua timah panas yang ditembakkan ke arahnya mengenai kepala dan lehernya.

Peristiwa ini terjadi ketika Kennedy melakukan iring-iringan dalam mobil kepresidenan bersama saat berada di Dallas, Texas, AS.

Hal yang tak biasa adalah ikutnya Ibu Negara Jacqueline Kennedy dalam perjalanan itu. Padahal, biasanya jarang sekali Jacqueline ikut dalam perjalanan politik. Tak hanya ditemani istrinya, Kennedy juga ditemani Gubernur Texas John Connally dan istrinya.

Berikut adalah Kronologi terbunuhnya Kennedy, dilansir dari CNN dan The Guardian.

22 November 1963

Pukul 07.23: Lee Harvey Oswald berangkat bekerja. Pria yang disebut sebagai pembunuh Kennedy itu merupakan karyawan di gedung penyimpanan buku Texas di Dallas.

Dia bekerja dengan Buell Wesley Frazier, seorang pekerja muda di sana. Frazier bertanya tentang paket panjang yang dibungkus kertas di tangan Oswald. Saat itu Oswald membawa senjata. Namun, dia hanya menjawab, "Oh, hanya tirai."

Pukul 11.30: Pesawat Air Force One tiba di Dallas, Texas. Dalam pesawat kepresidenan itu, Presiden Kennedy ditemani istrinya Jacqueline. Mereka disambut oleh warga Dallas yang datang, termasuk wartawan.

Gubernur Texas John Connally dan istrinya juga ada dalam kedatangan dari Kennedy. Sementara itu, Wakil Presiden Lyndon Johnson dan istrinya tiba di sebuah pesawat secara terpisah.

Ini merupakan kampanye untuk Pemilu 1964 yang akan datang, meskipun tidak secara resmi ditetapkan demikian.

Baca juga: Hari Ini 55 Tahun Lalu, Presiden AS John F Kennedy Dibunuh...

Pukul 11.45: Presiden Kennedy bersama Gubernur Texas menaiki mobil limosin bak terbuka. Sementara Lyndon Johnson dan istrinya naik limosin lain di dekatnya.

Perjalanan itu akan menuju Trade Mart, Dallas. Rencananya Kennedy akan berpidato dalam acara tersebut.

Iring-iringan mobil menuju pusat kota Dallas, melewati kerumunan yang diperkirakan lebih dari 150.000 orang. Ketika limosin memasuki Dealey Plaza, Nellie Connally berpaling kepada Presiden Kennedy dan berkomentar, "Bapak Presiden, Anda tidak bisa mengatakan bahwa Dallas tidak mencintaimu."

Pukul 12.30: Ketika limosin melewati Texas School Book Depository, tembakan terdengar dari jendela lantai enam. Sebuah peluru menghantam Kennedy di bagian belakang ketika dia melambai, diikuti oleh tembakan kedua di belakang kepalanya. Tembakan lainnya melukai Gubernur.

Presiden Kennedy dan Gubernur Connally keduanya terluka dan dilarikan ke Rumah Sakit Parkland.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com