Kompas.com - 21/11/2018, 16:21 WIB

OTTAWA, KOMPAS.com - Angkatan Udara Kanada dilaporkan mengalami kekurangan jet tempur beserta pilotnya. Keputusan membeli pesawat bekas dari Australia tak akan memberi dampak berarti.

Begitulah laporan dari Auditor Jenderal Michael Ferguson, sebagaimana diwartakan Reuters via Straits Times dan Defense News Rabu (21/11/20180.

Baca juga: Jet Tempur Rusia Cegat Pesawat AL AS dalam Manuver Berbahaya

Selama ini, matra udara Kanada mengoperasikan armada jet tempur McDonnell Douglas CF-18 Hornet yang berbasis dari jet tempur F/A-18 Hornet milik Amerika Serikat (AS).

Ferguson menjelaskan CF-18 mengalami kekurangan, yakni tidak mendapatkan pembaruan sesuai dengan model persenjataan terbaru.

Performa CF-18 untuk keperluan pertempuran tidak ditingkatkan sejak 2008. Selain itu, ada pesawat yang usianya hampir mencapai 40 tahun.

Fakta itu ditambah masih berlarutnya rencana pemerintah untuk membeli 88 jet tempur baru guna menggantikan armada CF-18.

Dalam rencana yang bakal direalisasikan Mei 2019, Kanada mempertimbangkan F-35 Lockheed Martin, Eurofighter Typhoon, maupun Boeing Super Hornet.

Itu artinya armada CF-18 tersebut berpotensi untuk mengabdi lebih lama hingga 2032. Ferguson berujar armada lawas itu berpotensi mengurangi kontribusi Kanada.

"Tanpa pembaruan perangkat tempur, CF-18 tidak akan efektif ketika dikerahkan baik dalam misi domestik maupun internasional," papar Ferguson.

Dia juga menyoroti rencana Ottawa untuk membeli jet tempur bekas F/A-18 dari Australia guna menambah kekuatan armada saat ini.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.