Kompas.com - 19/11/2018, 18:48 WIB
|

BANDAR SERI BEGAWAN, KOMPAS.com - Presiden China Xi Jinping, Senin (19/11/2018), mengunjungi Brunei Darussalam usai menghadiri KTT APEC di Papua Niugini.

Di Brunei, Presiden Xi diterima langsung Sultan Hassanal Bolkiah di istana kerajaan negeri kecil itu.

Seperti halnya di berbagai negara Asia lainnya, banyak perusahaan China menanamkan modalnya di Brunei sebagai bagian dari politik infrastruktur Beijing.

Baca juga: Survei: Dunia Lebih Percaya Xi Jinping atau Putin Ketimbang Trump

Beberapa proyek besar tengah digarap China di Brunei antara lain kilang penyulingan minyak, sebuah bendungan, dan jalan tol.

Negeri bekas jajahan Inggris ini sudah lama amat tergantung pada hasil minyak buminya yang berlimpah.

Namun, ketika harga minyak dunia jatuh perekonomian Brunei jatuh ke dalam resesi.

"Brunei, yang pemasukannya berasal dari hidrokarbon akan semakin menyusut di masa mendatang. Kini Brunei mencari bantuan dari China sebagai alternatif pengembangan ekonomi," kata Murray Hiebert, pakar Asia Tenggara dari lembaga riset Center for Strategic dan International Studies (CSIS).

Sementara itu, kantor berita Xinhua mengabarkan, usai  menggelar pertemuan kedua pemimpin mengeluarkan pernyataan bersama.

Isi pernyataan itu adalah Brunei akan terus mendukung dan bersama-sama mempromosikan kerja sama dalam inisitatif sabuk dan jalan yang dipelopori China.

Sejauh ini memang belum terlalu terlihat meningkatnya pengaruh China di Brunei yang pendapatan perkapitanya masih menjadi salah satu yang tertinggi di dunia.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.