Kompas.com - 17/11/2018, 11:39 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Otoritas California, Amerika Serikat (AS), melansir data terbaru korban kebakaran hutan yang terjadi sejak pekan lalu.

Sheriff Butte County Kory Honea mengatakan korban hilang kebakaran hutan itu melonjak dari 631 menjadi 1.011 orang pada Jumat (16/11/2018).

Diwartakan AFP Sabtu (17/11/2018), Honea menjelaskan angka itu didapat dari analisis telepon darurat serta laporan yang masuk sejak kebakaran terdeteksi 8 November.

Baca juga: Korban Hilang akibat Kebakaran Hutan California Capai 600 Orang

Honea menggarisbawahi bahwa angka korban hilang itu bisa berubah karena tidak semua dari daftar yang mereka terima dinyatakan tewas.

"Informasi yang kami terima masih mentah. Ada kemungkinan terdapat data ganda dalam daftar ini," kata Honea dalam konferensi pers.

Salah satunya adalah Tamara Conry. Dia menulis di Facebook bahwa dia dan suaminya termasuk dalam daftar orang hilang tersebut.

"Kami seharusnya tidak ada dalam daftar itu. Saya sudah menelepon agar nama kami dihapus," kata Conry di Facebook seperti dikutip CBC.

Sementara untuk korban tewas, Honea mengumumkan jumlahnya meningkat menjadi 71 orang setelah petugasnya menemukan delapan jenazah.

Sementara itu, warga yang terdampak kebakaran itu mengecam Presiden Donald Trump yang berkomentar melalui kicauannya di Twitter.

Dalam kicauannya Sabtu pekan lalu (10/11/2018), Trump menyalahkan buruknya manajemen departemen kehutanan sebagai biang jatuhnya banyak korban.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CBC,AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.