Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siklon Gaja di Pesisir India Tewaskan 11 Orang

Kompas.com - 16/11/2018, 17:30 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

CHENNAI, KOMPAS.com - Sedikitnya 11 orang dilaporkan tewas pada Jumat (16/11/2018) akibat badai dahsyat yang menghancurkan pesisir timur India.

Sementara itu, ribuan pohon tumbang diterjang angin kencang, yang juga menghancurkan rumah dan kendaran, serta ratusan ribu orang terpaksa tinggal di penampungan.

Hujan deras juga menyebabkan banjir dan berpotensi tanah longsor.

Baca juga: Hurricane dan Typhoon, Mengapa Nama Badai dan Siklon Tropis Berbeda?

Diwartakan AFP, siklon Gaja membawa angin dengan kecepatan 120 km/jam, meluluhlantakan negara bagian Tamail Nadui, usai mengacaukan pesisir dekat Nagapattinam pada Jumat pagi.

Otoritas menyatakan, badai kuat juga membuat banjir di beberapa daerah dataran rendah di sepanjang garis pantai Teluk Benggala.

Badan Meteorologi India (IMD) memprediksi, badai bergerak ke arah barat dan secara bertahap melemah hingga menuju Laut Arab.

Pemerintah menutup sejumlah sekolah dan perguruan tinggi, sementara ribuan petugas darurat siaga dengan dua kapal, helikopter, dan perahu karet.

"Rata-rata siklon Gaja di Tamil Nadu dan pesisir Puducherry antara Nagapattinam dan Vedaranniyam, disertai angin dengan kecepatan 100-110 km/jam dan meningkat hingga 120 km/jam," demikian pernyataan dari IMD.

Hindustan Times mewartakan, sekitar 76.290 di Tamil Nadu telah dievakuasi dari wilayah dataran rendah dan ditempatkan di lebih dari 300 titik penampungan.

Baca juga: Momen Siklon Tropis Mangkhut di Filipina Kacaukan Pesta Pernikahan

Siklon Gaja merupakan badai kedua yang menerjang wilayah pesisir timur India dalam beberapa pekan terakhir.

Sebelumnya, siklon Titli menghancurkan negara bagian Odisha pada Oktober lalu, menewaskan dua orang.

Badai secara rutin melanda kawasan selatan India pada April hingga Desember. Tahun lalu, siklon Ockhi menyebabkan 250 orang tewas di Tamil Nadu dan Kerala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com