Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Beri Sanksi 17 Warga Saudi yang Terlibat Kasus Pembunuhan Khashoggi

Kompas.com - 16/11/2018, 08:57 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pemerintah AS telah menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap 17 warga Saudi yang diduga terlibat dalam kasus pembunuhan Khashoggi, termasuk sejumlah pembantu utama Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Sanksi diumumkan Kamis (15/11/2018), tak lama setelah jaksa penuntut umum Arab Saudi mengabarkan bahwa lima pejabat mereka yang terlibat pembunuhan Khashoggi akan menghadapi ancaman hukuman mati.

"Sejumlah pejabat Saudi yang kami jatuhi sanksi adalah mereka yang terlibat dalam pembunuhan Jamal Khashoggi."

"Mereka yang menargetkan dan secara kejam membunuh seorang jurnalis yang tinggal dan bekerja di Amerika Serikat harus mendapat konsekuensi atas tindakan mereka," kata Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin.

Baca juga: AS: MBS Tak Terlibat Pembunuhan Jamal Khashoggi

Sebanyak 17 warga Saudi yang dijatuhi sanksi oleh AS tersebut termasuk Saud Al-Qahtani dan Maher Mutreb, pembantu utama Putra Mahkota Mohammed bin Salman, serta Mohammed Alotaibi, yang merupakan konsul jenderal di konsulat Istanbul saat Khashoggi dibunuh.

Departemen Keuangan AS menyebut Qahtani, yang juga tangan kanan Pangeran Mohammed sebagai bagian dari yang merencanakan dan melaksanakan operasi pembunuhan Khashoggi.

Namun tidak ada sanksi yang ditujukan kepada Putra Mahkota Mohammed, yang oleh pemerintah Saudi ditegaskan tidak terlibat dalam kasus pembunuhan jurnalis itu.

Sanksi ekonomi yang dijatuhkan AS di antaranya membekukan seluruh aset objek dalam daftar hitam yang ada di bawah yurisdiksi AS. Selain itu juga melarang warga maupun perusahaan AS melakukan hubungan bisnis dengan mereka.

Mnuchin menambahkan, Washington akan terus menekan Riyadh agar melanjutkan proses penyelidikan demi terungkapnya kasus ini dan didapatkan keadilan.

"Amerika Serikat akan terus berupaya memastikan semua fakta dan semua yang berada di balik pembunuhan ini untuk bertanggung jawab demi dicapainya keadilan bagi tunangan, anak-anak, dan keluarga yang ditinggalkan Khashoggi," ujarnya dalam pernyataan.

Baca juga: Saudi Akui Jamal Khashoggi Dimutilasi di Dalam Gedung Konsulat

Sebelumnya, kantor jaksa penuntut Arab Saudi telah mengumumkan bahwa mereka menahan 21 orang dan menjatuhkan dakwaan kepada 11 dari mereka, terkait kasus pembunuhan Khashoggi.

Lima di antara mereka kemungkinan akan menghadapi ancaman hukuman mati. Demikian dilansir dari AFP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com