Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Perang Lawan Rusia dan China, AS Terancam Kalah

Kompas.com - 15/11/2018, 21:27 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber CNN,BBC

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sebuah laporan menyatakan militer Amerika Serikat (AS) berisiko menderita kekalahan jika berkonflik dengan Rusia maupun China.

Laporan tersebut dikeluarkan Komisi Strategi Pertahanan Nasional yang dibentuk Kongres AS untuk memberi pandangan secara netral.

Dilaporkan BBC Kamis (15/11/2018), komisi itu diketuai Eric Edelman. mantan pejabat Pentagon di era Presiden George W Bush.

Baca juga: Tahun Depan, Biaya Perang AS Mencapai Rp 88.000 Triliun

Dalam laporan tersebut, kekuatan militer AS yang dominan dalam beberapa generasi terakhir mulai tergerus dan harus dicarikan solusinya.

"Keunggulan militer Amerika telah terkikis dalam tingkat yang sangat berbahaya. Tantangan yang harus ditangani jika tidak ingin keamanan nasional jadi taruhannya," demikian bunyi laporan itu.

Peringatan kepada pemerintahan Presiden Donald Trump itu muncul setelah anggaran pertahanan terancam dipangkas pada tahun fiskal 2018 dan 2019.

Terjunnya AS ke konflik Timur Tengah seperti Irak dan Afghanistan memberikan imbas negatif karena pasukan hampir tak menemui tantangan berarti.

Selain mereka tak menerima ancaman dari udara, militer AS di sana juga tidak mendapat permasalahan di bidang komunikasi seperti penggunaan GPS.

Di sisi lain, China dan Rusia telah mempelajari militer AS dan melakukan peremajaaan terhadap angkatan bersenjata mereka.

Mereka memodernisasi militer berbasis dengan kekuatan tradisional mereka, sekaligus mulai menangkal AS di tempat yang mereka kuasai.

Salah satu contoh adalah intervensi yang dilakukan Rusia di Ukraina menunjukkan kekuatan penghancur dari artileri Moskwa.

Ditunjang dengan peralatan yang canggih, mereka membuat tentara Ukraina tak berdaya sambil terus menyembunyikan kekuatan mereka.

Laporan itu memberikan apresiasi kepada pemerintahan Trump yang mulai memfokuskan diri terhadap Negeri "Panda" dan Rusia.

Namun dikutip CNN, komite mengkritisi strategi dari pemerintah tak dibarengi penjelasan gol apa yang ingin dicapai militer.

Strategi Pertahanan Nasional Trump terlalu terpaku pada asumsi dan kurang analisis yang berimbas kepada pertanyaan kritis tak terjawab bagaimana AS menghadapi tantangan.

Baca juga: Foto Ungkap Kapal Perang AS Ditempel Ketat Kapal Perang China

Halaman:
Sumber CNN,BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com