Kompas.com - 15/11/2018, 18:23 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Otoritas penegak hukum Arab Saudi mengakui jurnalis Jamal Khashoggi dibunuh dan dimutilasi di gedung konsulat mereka di Istanbul, Turki.

Dalam konferensi pers, Jaksa Agung Sheikh Saud al-Mojeb mengatakan bahwa pelaku telah merencanakan pembunuhan tersebut pada 29 September, tiga hari sebelum Khashoggi mendatangi konsulat.

Baca juga: AS: MBS Tak Terlibat Pembunuhan Jamal Khashoggi

"Lima pelaku diperintahkan untuk menyeret dan memutilasi Khashoggi setelah negosiasi dengannya batal," kata Mojeb dikutip Al Jazeera Kamis (15/11/2018).

Potongan jenazah Khashoggi, kata Mojeb seperti dilansir AFP, diserahkan kepada seorang agen yang sudah menunggu di luar konsulat.

Mojeb melanjutkan, aparat berwenang menahan 21 orang dengan 11 di antaranya bakal menjalani persidangan setelah ditemukan bukti yang cukup.

Khashoggi dibunuh ketika memasuki gedung Konsulat Saudi di Istanbul untuk mengurus dokumen pernikahannya pada 2 Oktober lalu.

Media Turki Daily Sabah memberitakan telah mendapatkan citra sinar-X isi tas dari 15 pelaku pembunuhan Khashoggi.

Tim tersebut dipimpin Maher Abdulaziz Mutreb yang dilaporkan merupakan pengawal Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS).

Sementara harian AS, The New York Times, mewartakan, Mutreb kemudian melakukan panggilan telepon untuk melaporkan misinya.

"Pergi, katakan kepada bos Anda bahwa operasi telah berhasil diselesaikan," demikian ucapan Mutreb yang sering tertangkap kamera berada di samping MBS.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.