Kompas.com - 15/11/2018, 17:59 WIB

HEFEI, KOMPAS.com - Layanan berbagi video asal China TikTok yang tengah populer tidak saja menjadi sarana hiburan bagi penggunanya.

Berkat layanan tersebut, sebuah keluarga berhasil dipertemukan dengan anggotanya yang dinyatakan hilang sejak delapan tahun silam.

Baca juga: TikTok Sudah Lampaui Facebook, Instagram, dan YouTube

Dilaporkan SCMP Kamis (15/11/2018), Zhu Lei dilaporkan menghilang ketika sedang bekerja di Shanghai pada 18 Mei 2010.

Selama delapan tahun, dia diketahui mengembara dan jadi pengemis di kawasan timur China, dan terakhir terlihat di Huzhen, 600 kilometer dari tempat tinggalnya di Provinsi Anhui.

Saat berada di depan restoran di Huzhen, si pemilik yang bernama Zheng Yijie menaruh kasihan kepada Zhu dan menawarkannya makanan.

Sementara tetangga yang tinggal dekat restoran Zheng menawarkan sepatu dan selimut kepada Zhu untuk membuatnya tetap hangat.

Setelah mendengar kisah Zhu, keduanya ingin membantu pria yang kini berusia 28 tahun itu supaya bisa berkumpul kembali dengan keluarga.

Karena itu, mereka memutuskan mengunggah video tentang Zhu di TikTok, dikenal juga dengan nama Douyin, dengan para harapan bisa disebark ke keluarga Zhu.

Dua video yang diunggah di 4 November langsung dilihat hingga 500.000 kali. Saat itu, Zheng mengunggah wajah Zhu dengan rambut berantakan dan jenggot panjang.

Seorang pengguna mengatakan dengan tampilan tersebut sukar bagi keluarganya untuk mengenali. Karena itu Zheng mengunggah video lain tiga hari berikutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.