Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Tukar Ganja dengan Mobil, Pria Ini Berakhir di Penjara

Kompas.com - 15/11/2018, 15:19 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

ALBANY, KOMPAS.com - Seorang pria asal negara bagian Oregon, AS ditahan setelah kedapatan mencoba menukarkan ganja untuk membeli sebuah mobil.

Meskipun ganja adalah legal untuk penggunaan medis di Oregon dan kepemilikannya tidak dianggap tindak kriminal, namun penjualannya diatur dengan ketat dan para pelaku perdagangannya wajib memiliki izin khusus.

Matthew Franks, yang berusia 38 tahun, asal Independence, Oregon bermaksud membeli sebuah mobil yang ditawarkan secara online oleh sebuah dealer, Jumat (9/11/2018).

Namun Franks tidak bermaksud membelinya menggunakan uang tunai melainkan menukarkannya dengan ganja.

Franks pun menghubungi pihak dealer yang menjual sebuah mobil Mazda SUV di sebuah situs penjualan online. Franks menawarkan untuk membayar dengan ganja.

Baca juga: Pasien di Inggris Kini Bisa Akses Ganja untuk Pengobatan

Setelah tercapai kesepakatan untuk menukar mobil dengan sejumlah ganja, Franks datang ke tempat pertemuan pada malam harinya dan berharap dapat bertemu langsung dengan pihak penjual mobil.

Namun dia terkejut setelah disambut oleh petugas polisi yang segera menahannya.

Melansir dari New York Post, Kepolisian Albany, pada Selasa (13/11/2018), mengatakan Franks ditangkap atas tuduhan kepemilikan ganja dan memperdagangkannya tanpa izin.

"Dia ditangkap dan dimasukkan ke Penjara Linn County. Bersama tersangka, polisi menyita 5,4 kilogram mariyuana," kata Brad Liles, juru bicara kepolisian Albany.

Jumlah ganja yang dibawa Franks itu tetap kurang dari nilai kesepakatan yang dicapai sebelumnya untuk pembelian mobil.

Oregon merupakan negara bagian pertama di AS yang menghapus sanksi kriminal atau dekriminalisasi kepemilikan ganja dalam jumlah kecil sejak 1973 setelah ditandatanganinya Undang-undang Dekriminalisasi Oregon.

Setelah dekriminalisasi, kepemilikan ganja hingga 1 ons atau sekitar 28,35 gram dapat dianggap tindak pelanggaran namun bukan kriminal. Pemilik hanya akan dijatuhi sanksi denda mulai 500 hingga 1.000 dollar AS.

Selain Oregon, dekriminaliasi ganja juga berlaku di sejumlah negara bagian, di antaranya Illinois, Delaware, Connecticut, Maryland, dan Minnesota.

Sementara sejumlah negara bagian yang melegalkan ganja untuk tujuan rekreasional di antaranya Alaska, California, Colorado, Michigan, dan Nevada.

Baca juga: China Peringatkan Warganya di Kanada agar Tak Pakai Ganja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com