Kompas.com - 15/11/2018, 11:11 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menyerukan digelarnya penyelidikan internasional terhadap kasus pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi.

Dia juga menegaskan, khususnya kepada Arab Saudi, bahwa Ankara akan terus menarik perhatian atas kasus itu.

Turki pada awalnya memprioritaskan kerja sama dengan Arab Saudi, dan Riyadh bulan lalu telah mengirim jaksa utamanya ke Istanbul untuk melakukan pembicaraan dengan pihak berwenang Turki dan untuk memeriksa kantor konsulat.

Namun para pejabat Turki telah meragukan apakah Arab Saudi benar-benar mau bekerja sama dalam penyelidikannya.

"Pada awalnya kami mengatakan akan membentuk kelompok kerja dengan Arab Saudi dan bahwa kami tidak berencana membawa kasus (pembunuhan) ini ke pengadilan internasional," kata Cavusoglu.

Baca juga: Turki Kecam Tuduhan Menlu Perancis soal Kasus Khashoggi

Namun dia mengatakan kemudian bahwa itu tidak terjadi lagi dan Ankara kini meyakini bahwa penyelidikan internasional sangat penting.

"Investigasi internasional sangat penting dilakukan," kata Cavusoglu kepada parlemen Turki seperti dilaporkan media Anadolu.

"Kami akan melakukan segala hal yang dibutuhkan untuk mengungkap kasus pembunuhan ini," tambahnya, Rabu (14/11/2018).

Pejabat Turki lainnya, secara terpisah mengatakan bahwa Ankara akan lebih memberatkan permintaan untuk penyelidikan oleh komisi hak asasi manusia dari Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), serta penyelidikan independen di bawah Sekjen PBB.

Ankara membayangkan penyelidikan internasional oleh PBB akan seperti saat penyelidikan independen atas pembunuhan Perdana Menteri Pakistan, Benazir Bhutto pada 2007.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.