Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muncul Kontroversi Bawang Bombai dan Sosis, PM Australia Ogah Berpihak

Kompas.com - 14/11/2018, 16:44 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP

SINGAPURA, KOMPAS.com - Bagaimana jika posisi sosis dan bawang bombai pada "hot dog" menjadi bahan perdebatan penduduk di suatu negara?

Itulah yang memang sedang terjadi di Australia baru-baru. Namun, Perdana Menteri Australia yang baru, Scott Morrison, menolak untuk berpihak dalam perdebatan tersebut.

Diwartakan AFP, Rabu (14/11/2018), Morrison memilih tidak terlibat kontroversi apakah bawah bombai harus disajikan di atas atau di bawah sosis.

Topik ini muncul ke permukaan ketika perusahaan perangkat keras Australia, Bunnings, meminta stafnya untuk menaruh bawang bombai di bawah sosis karena alasan kesehatan dan keselamatan.

Baca juga: Peretas Iran Dituduh Jebol Keamanan Pabrik Kapal Perang Australia

Manajemen Bunnings berpendapat ada kekhawatiran masyarakat akan terluka akibat terpeleset bawang bombai yang jatuh ke lantai.

Sebagai informasi, Bunnings kerap menggelar penggalangan dana melalui penjualan barbeku di toko-tokonya.

Ketika berada di Singapura, Morrison mendapat pertanyaan dari jurnalis mengenai harapannya terkait pemindahan Kedutaan Besar Australia di Israel ke Yerusalem, dan perang dagang dengan AS di China.

Lalu, muncul pertanyaan tentang apakah Bunnings telah menjadi "un-Australian" ketika membahas soal posisi bawang bombai.

"Apakah bawang bombai harus di atas atau di bawah, saya selalu membeli sosis di dalam roti," jawabnya.

"Terus terang, saya tidak akan memberi mereka petunjuk resep," tambahnya.

Kontroversi bawang dan sosis ini kian heboh ketika DJ Radio Ryan "Fitzy" Fitzgerald menulis surat terbuka kepada Bunnings.

"Pokok dalam pola makan orang Australia adalah sosis pada roti tawar segar, dengan taburan bawang bombai goreng di atasnya, dan sesendok saus," tulisnya.

Baca juga: Polisi Australia Ungkap Identitas Pelaku Kasus Teror Jarum pada Stroberi

"Jadi mengapa Anda meminta birokrat dan petugas keselamatan untuk mengubah urutan resep yang tidak perlu diperbaiki," imbuhnya.

Namun yang lainnya justru mendukung usulan Bunnings. Seorang petani Queensland mengatakan, dia pernah mendapat bahaya karena bawang bombai disajikan di atas sosis.

"Ini hal serius, persoalan soal bawang ini," ucap petani bernama Trevor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com