Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 November 1971, Mariner 9 Jadi Wahana Antariksa Pertama Capai Orbit Mars

Kompas.com - 14/11/2018, 10:33 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tata surya menyimpan banyak rahasia yang perlu diungkap. Ribuan bintang, planet, komet dan bahkan meteorid menghiasi susunan tata surya. Berbagai negara pun berlomba untuk mengungkap rahasia alam semesta.

Keadaan ini terjadi pada era 1960-an, ketika Uni Soviet dan Amerika Serikat berlomba-lomba untuk mencapai dan menemukan sesuatu yang ada di luar angkasa. Lomba yang sering disebut "space race" ini selalu bisa menemukan sesuatu yang baru dan berguna bagi ilmu pengetahuan.

Setelah berusaha membawa hewan ke luar angkasa dan membawa manusia menuju orbit, NASA (National Aeronautics and Space Administration) atau Badan Antariksa AS juga membuat resolusi yang baru untuk mengidentifikasi dan mengamati permukaan planet lain.

Hari ini 47 tahun yang lalu, tepatnya pada 14 November 1971, sebuah wahana antariksa dari NASA berhasil mencapai orbit Mars.

Wahana yang merupakan bagian dari program Mariner ini tercatat sebagai wahana pertama yang bisa mengamati Mars. Kejadian ini menjadi sebuah catatan dalam dunia antariksa ketika itu.

Dilansir dari Forbes, Mariner 9 merupakan wahana tak berawak yang diluncurkan menuju Mars dari Pusat Peluncuran Cape Cannaveral, Florida, AS pada 30 Mei 1971. Wahana itu diluncurkan bersama "pasangannya", Mariner 8.

Mariner 9 mempunyai tujuan untuk menemani "pasangannya" dalam lomba ke Mars, tetapi pesawat ruang angkasa Mariner 8 tidak pernah berhasil keluar dari orbit Bumi.

Baca juga: Misteri Mars Bertambah, Bagaimana Bisa Punya Air jika CO2-nya Minim?

Balapan

Space race selalu memberikan warna yang berbeda dalam setiap kompetisinya. Ketika NASA berhasil meluncurkan Mariner, Uni Soviet juga meluncurkan proyek bernama Mars dalam perlombaan angkasa itu.

Namun, usaha yang dilakukan NASA berhasil mengalahkan Uni Soviet. Dilansir dari Harian Mariner 9 tiba di orbit Mars pada 14 November 1971, jauh di depan dua pesawat ruang angkasa lainnya. Mars 2 tiba sekitar dua minggu kemudian pada 27 November 1971, diikuti oleh Mars 3 pada 2 Desember.

Tim misi Mariner 9 telah dikirim ke komputer pengorbit, memerintahkannya untuk menunggu sampai badai debu telah melewati permukaan Mars.

Menurut Harian Kompas edisi 15 November 1971, Mariner 9 mengitari orbit Mars dua kali sehari dan mengambil gambar beserta data-data mengenai planet itu berupa data pada komposisi atmosfer, kepadatan, tekanan, dan suhu Mars, dan juga komposisi permukaan, suhu dan topografi planet ini.

Dalam gambar yang diambil pada awal misi Mariner 9nasa Dalam gambar yang diambil pada awal misi Mariner 9

Setelah berhasil mencapai orbitnya, para ilmuwan di bumi menyaksikan ketika awan yang menyelimuti Mars dan mulai mengungkapkan bentuk permukaan Mars.

Puncak gunung berapi muncul lebih dulu, kemudian bentang alam yang ditandai oleh kekuatan angin dan air yang menggemparkan, kemudian memecah lembah, ngarai dalam dan kawah.

Kamera pesawat luar angkasa juga merekam apa yang tampak seperti tiga dasar sungai, menunjukkan keberadaan air kuno dan mungkin kehidupan di planet ini.

Mariner 9 mengirim kembali lebih dari 7.000 gambar "Planet Merah" dan berhasil memotret seluruh planet. Mariner 9 juga mengirim kembali gambar close-up pertama bulan Mars. Transmisinya berakhir pada 27 Oktober 1972.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com