Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Presiden Perancis dan Kanselir Jerman Dikira Pasutri

Kompas.com - 13/11/2018, 18:40 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Newsweek

PARIS, KOMPAS.com - Ada sebuah kejadian lucu saat Presiden Perancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel menghadiri peringatan 100 tahun berakhirnya Perang Dunia I Sabtu (11/11/2018).

Di Rethondes, tempat di mana gencatan senjata PD I ditandatangani pada 11 November 1918, Macron dan Merkel bertemu dengan seorang perempuan tua yang menyangka mereka sebagai pasangan suami istri.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Perang Dunia I Berakhir

Dilansir Newsweek Senin (12/11/2018), perempuan yang tak disebutkan identitasnya itu tak menyangka bisa bertemu dengan orang nomor satu di Perancis.

"Orang biasa seperti saya bisa berjabat tangan dengan presiden republik ini. Sangat fantastis. Jangan buat saya menangis," kata perempuan itu.

Setelah berjabat tangan dengan Macron, perempuan tersebut kemudian menjabat tangan Merkel. "Anda Nyonya Macron?" tanyanya.

Dengan tersenyum, Merkel menjawab bahwa dia merupakan Kanselir Jerman yang membuat perempuan itu kaget dan tak percaya dengan apa yang dialaminya.

"Ini tidak mungkin. Hari ini merupakan kado terbaik bagi ulang tahun saya. Saya tidak boleh menangis," kata perempuan itu dengan terbata-bata.

Istri Macron, Brigitte Marie-Claude Trogneux, berusia 65 tahun. Lebih tua satu tahun dari Merkel yang berumur 64 tahun.

Setelah itu, giliran Macron dan Merkel yang dibuat tak percaya ketika salah satu warga mengatakan umur perempuan itu 101 tahun.

"Benarkah?" tanya presiden 40 tahun itu dengan tatapan takjub. "Benar, dia lahir pada 12 November 1917. Jadi, dia bakal berusia 101 tahun besoknya," jawab warga itu.

Macron yang terpilih sebagai presiden termuda Perancis pada 2017 lalu menjalin keakraban dengan Merkel yang berkuasa di Jerman sejak 2005.

Keduanya bersikukuh membela apa yang mereka anggap sebagai prinsip demokrasi liberal dalam menghadapi gerakan militan yang semakin meningkat.

Baca juga: Prajurit AS Ini Tewas 1 Menit Sebelum Perang Dunia I Berakhir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com