Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Irlandia Selidiki Laporan Penampakan UFO

Kompas.com - 13/11/2018, 12:18 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber BBC

DUBLIN, KOMPAS.com - Otorita penerbangan Irlandia saat ini tengah menggelar invesigasi terkait laporan kemunculan sederet sinar terang dan UFO di pesisir barat daya negeri itu.

Kemunculan benda mencurigakan itu terjdi pada pukul 06.47 waktu setempat pada Jumat (9/11/2018), saat seorang piot maskapai British Airways menghubungi menara pengatur lalu lintas udara bandara Shannon, Irlandia.

Pilot itu ingin mengetahui apakah tengah digelar latihan militer di kawasan tersebut karena dia melihat sesuatu melesat dengan kecepatan tinggi.

Baca juga: Pentagon Selidiki UFO Selama 5 Tahun Secara Rahasia

Namun, petugas di menara pengawas bandara Shannon mengatakan tidak ada latihan militer yang melibatkan pesawat tempur di lokasi tesebut.

Pilot yang terbang dari Montreal, Kanada itu mengatakan, dia melihat "cahaya yang amat terang" dan berada di sisi kiri pesawatnya sebelum bergerak dengan cepat ke arah utara.

Pilot lain dari maskapai Virgin menduga cahaya terang itu kemungkinan adalah sebuah meteor atau benda langit lain yang memasuki atmosfer Bumi.

Pilot maskapai Virgin itu mengatakan, dia melihat beberapa benda menyusul dengan kecepatan yang sama dan juga amat terang.

Pilot itu menambahkan, dia melihat dua sinar terang di sebelah kanan pesawatnya yang terus menambah ketinggian dengan amat cepat.

Baca juga: Berita Terpopuler: Agen Korut di Australia, hingga Misi Pentagon Cari UFO

Salah satu pilot itu menyebut, benda tak dikenal tersebut melesat dengan kecepan Mach 2 atau dua kali kecepatan cahaya.

"Menyusul sejumlah laporan dari beberapa pesawat pada Jumat 9 November lalu maka IAA akan melakukan investigasi," demikian pernyataan Otorita Penerbangan Irlandia (IAA).


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com