Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda Tangan 15 Tokoh Dunia, Walt Disney, Maradona, hingga Trump

Kompas.com - 13/11/2018, 06:06 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Tanda tangan adalah tulisan khas seseorang yang dibuat sebagai identitas, dan bisa memiliki kekuatan hukum.

Dengan demikian, tanda tangan tiap orang dapat dipastikan berbeda, meski terkadang memiliki kemiripan pola bila dipandang sekilas.

Coretan garis ini juga terkadang dapat menunjukkan kepribadian seseorang, apakah tertutup, kreatif, tegas, dan sebagainya.

Dikumpulkan dari Business Insider, inilah 17 tanda tangan tokoh besar dunia yang memiliki keunikan tersendiri.

1. John Hancock

Di posisi pertama ada pemimpin Revolusi Amerika Serikat dan penanda tangan Deklarasi Kemerdekaan Amerika pada 1776, sekaligus Gubernur Masshacusetts, John Hancock.

Dia lahir di kota Quincy, Masshacusetts pada 23 Januari 1737 dan meninggal pada 1793.

Pada saat menandatangani deklarasi kemerdekaan, Hancock begitu berani menuliskan namanya dengan tulisan latin. "John Hancock"

Saking jelasnya, Raja Inggris ketika itu tidak lagi membutuhkan kacamata untuk melihat tanda tangan Hancock.

Berkat hal itu, hingga kini, nama Hancock selalu dikaitkan dengan tanda tangan. Berikut bentuknya:

Tanda tangan John HancockBusiness Insider Tanda tangan John Hancock

2. Kurt Vonnegut

Vennegut merupakan seorang penulis Amerika Serikat yang menghasilkan 14 novel, tiga koleksi cerita pendek, lima naskah drama, dan lima karya non-fiksi, dalam 50 tahun berkarya.

Ia lahir di Indianapolis, Indiana, Amerika, pada 11 November 1922, dan meninggal 11 tahun yang lalu tepatnya di usia 94 tahun pada 11 April 2017.

Ia memiliki tanda tangan berupa sebuah gambar tampak samping kepala manusia beserta muka yang menyerupai dirinya. Ciri-cirinya sangat jelas, rambut kriting mengembang dan kumis.

Di tengah gambar kepala itu terdapat sebuah tulisan yang tidak terlalu rapi, namun kemungkinan besar tertulis namanya, Kurt Vonnegut.

Tanda tangan Kurt VonnegutBusiness Insider Tanda tangan Kurt Vonnegut

3. Banksy

Di urutan ketiga adalah Banksy, seorang  seniman jalanan, aktivis politik, dan sutradara film. Ia dikenal dengan kreativitasnya di bidang seni lukis, terutama mural di dinding-dinding kota.

Karyanya dibuat menggunakan teknik stensil yang khas, berisi satir yang merupakan padu padan antara humor dan grafiti.

Hal itu sangat tertuang dalam bentuk tanda tangan yang dimilikinya. Ia menjadikan namanya sebagai tanda tangan, dengan corak tulisan khas grafiti yang ada di jalanan.

Dengan bentuk huruf yang telah dimodifikasi, terdapat beberapa dot atau titik dan seolah-olah dituliskan menggunakan tinta yang menetes.

Tanda tangan BanksyBusiness Insider Tanda tangan Banksy

4. Albrecht Dürer

Dürer merupakan seorang pelukis, tukang ukir, dan matematikawan yang berasal dari Jerman. Ia terkenal sebagai pembuat cetakan lama terbesar bersama Rembrandt dan Goya.

Dürer lahir pada 21 Mei 1471 dan meninggal 6 April 15268 di kota Numberg, Jerman.

Ia memiliki rambut panjang berwarna coklat, penampilannya sangat mencirikan keahliannya sebagai seorang yang bergelut di bidang seni.

Pun dengan tanda tangannya yang terbilang unik. Tanda tangan Dürer bertuliskan huruf D kapital dan sebuah lambang yang menyerupai abjad China atau menyerupai sebuah pintu gerbang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com