Kompas.com - 12/11/2018, 09:27 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mendapat kecaman setelah melontarkan kicauan di Twitter terkait kebakaran hutan California.

Dilansir CNN Senin (12/11/2018), Trump menge-twit berisi kritikan dengan menganggap musibah itu terjadi karena buruknya manajemen.

Dia menuturkan, kucuran uang miliaran dollar AS menjadi sia-sia karena buruknya pengelolaan yang mengakibatkan nyawa melayang.

Baca juga: 14 Jenazah Ditemukan, Korban Tewas Kebakaran di California Jadi 23 Orang

"Tidak ada alasan dari kebakaran hutan yang mematikan dan merugikan ini selain manajemen yang sangat buruk," keluh Trump.

Presiden berusia 72 tahun itu meminta dilakukan pembenahan. Jika tidak, dia mengancam bakal tak memberikan anggaram.

"Dengan manajemen hutan yang layak, kita bisa menghentikan bencana mengerikan yang terjadi di California. Jadilah pintar!" lanjut Trump.

Komentar tersebut langsung menuai kritikan dari Presiden Asosiasi Pemadam Kebakaran Internasional Harold Schaitberger.

Dia menuturkan Trump telah mencampuradukkan politik dengan bencana. "Pernyataannya merupakan penghinaan bagi anggota pemadam kebakaran dan warga yang menjadi korban," terangnya.

Sementara Presiden Asosiasi Pemadam Kebakaran California Brian K Rice menyebut Trump telah menyerang seluruh lapisan yang menderita karena kebakaran hutan tersebut.

"Dalam pandangan saya, serangan itu sangat memalukan dan telah melukai para pria dan perempuan pemberani yang sudah terjun ke lokasi kejadian," kecamnya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.