Trump Batal Kunjungi Makam Militer PD I di Paris karena Cuaca Buruk - Kompas.com

Trump Batal Kunjungi Makam Militer PD I di Paris karena Cuaca Buruk

Kompas.com - 11/11/2018, 08:08 WIB
Melania dan Trump saat berkunjung ke Inggris Melania dan Trump saat berkunjung ke Inggris

PARIS, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump menuai kecaman setelah diumumkan batal hadir dalam acara kunjungan ke pemakaman militer Perang Dunia I karena cuaca buruk.

Trump yang telah berada di Perancis bersama istrinya, Melania, untuk peringatan seratus tahun berakhirnya Perang Dunia I, seharusnya berangkat dengan helikopter menuju Pemakaman dan Memorial Amerika Aisne-Marne di Belleau Wood, Sabtu (10/11/2018).

Pemakaman tersebut merupakan lokasi di mana para tentara Marinir AS berhadapan dengan pasukan Jerman pada 1918.

Lebih dari 7.000 orang tewas atau terluka dalam pertempuran pada Juni 1918 di Belleau Wood. Ada sebanyak 2.289 makam korban perang di pemakaman itu.

"Perjalanan Presiden dan Ibu Negara ke Pemakaman dan Memorial Amerika Aisne-Marne telah dibatalkan karena kendala jadwal dan logistik akibat cuaca buruk," tulis pernyataan Gedung Putih, Sabtu (10/11/2018).

Baca juga: Presiden Perancis Ingin Bentuk Tentara Gabungan Eropa, Ini Jawab Trump

Sebagai gantinya, Trump telah mengutus Kepala Staf Jenderal John Kelly dan Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Joe Dunford untuk mewakili presiden.

Sumber Gedung Putih menyebutkan, perubahan rencana dari menggunakan helikopter menjadi perjalanan darat sejauh 80 kilometer selama satu jam merupakan alasan sebenarnya dari pembatalan kedatangan Trump.

Hal tersebut mengacu pada waktu yang tidak memadai untuk mempersiapkan iring-iringan kendaraan presiden yang biasanya melibatkan puluhan mobil.

Selain Trump yang batal hadir, agenda kunjungan ke makam militer Perang Dunia I turut dihadiri Presiden Perancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Angela Merkel, dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Kunjungan tersebut seharusnya menjadi satu dari dua yang diagendakan dihadiri Trump selama di Perancis.

Sementara pada Minggu (11/11/2018), Trump dijadwalkan mengunjungi pemakaman militer lainnya di Suresnes, di pinggiran kota Paris.

Trump juga akan bergabung dengan sekitar 70 pemimpin dunia lainnya dalam seremoni di makam prajurit tak dikenal di bawah Arc de Triomphe, Paris.

Baca juga: Bertengkar dengan Trump, Gedung Putih Cabut Izin Liputan Jurnalis CNN



Close Ads X