Kebakaran Hutan di California, 9 Tewas dan 150.000 Mengungsi - Kompas.com

Kebakaran Hutan di California, 9 Tewas dan 150.000 Mengungsi

Kompas.com - 10/11/2018, 12:29 WIB
Seorang anggota pemadam kebakaran berusaha menjinakkan Api Camp yang melalap Magalia, California, Amerika Serikat pada Jumat (9/11/2018). Api Camp dan Api Woolsey menjalar dan menewaskan sembilan orang, serta 150.000 orang mengungsi.AFP/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/JUSTIN SULLIVAN Seorang anggota pemadam kebakaran berusaha menjinakkan Api Camp yang melalap Magalia, California, Amerika Serikat pada Jumat (9/11/2018). Api Camp dan Api Woolsey menjalar dan menewaskan sembilan orang, serta 150.000 orang mengungsi.

PARADISE, KOMPAS.com - Dua kebakaran hutan dilaporkan terjadi di California, Amerika Serikat ( AS), dan dilaporkan menewaskan sembilan orang.

Diwartakan BBC Sabtu (10/11/2018), Api Woolsey menjalar hingga ke jalan raya dan menuju kota pesisir, termasuk kawasan wisata Malibu dan Calabasas.

Api Woolsey pertama kali dilaporkan terdeteksi dekat Thousand Oaks, kota di mana terjadi penembakan massal yang menewaskan 12 orang.

Baca juga: Pemadaman Kebakaran Hutan di Merbabu Lewat Udara Terganggu Awan Tebal

Hingga Jumat (9/11/2018) waktu setempat, api itu telah melahap 5.665 hektar, dan menuju ke Jalan Raya 101, rute barat ke Los Angeles.

Calabasas dan Malibu merupakan permukiman bagi sejumlah selebriti papan atas AS. Seperti rapper Kanye West dan istrinya, bintang drama realitas Kim Kardashian.

"Baru saja mendarat dan dalam waktu satu jam harus membereskan barang-barang dan melakukan evakuasi. Saya berdoa kepada warga Calabasas," ujar Kardashian di Instagram.

Penyanyi Cher yang dilaporkan tengah pentas di Las Vegas berkicau di Twitter dia memikirkan rumahnya di Malibu, namun tak bisa melakukan apa-apa.

Kemudian sutradara pemenang Oscar Guillermo del Toro maupun penyanyi Lady Gaga juga menge-twit mereka telah mengevakuasi barang berharga dari rumah di Malibu.

Sementara di bagian utara California, Api Camp, karena dilaporkan pertama kali muncul di Camp Creek, telah menghanguskan 8.100 hektar sejak Kamis (8/11/2018).

Sheriff Butte County Korey Honea dikutip Sky News menuturkan, sembilan korban tewas ditemukan di kota Paradise yang dilaporkan telah hancur.

Lima dari sembilan korban tewas ditemukan dalam satu mobil. Pihaknya saat ini menggelar penyelidikan untuk mengetahui apakah korban tewas mengalami penambahan.

Kapten tim pemadam kebakaran California Scott McLean berkata, karena angin, Api Camp telah membesar hingga empat kali lipat.

Sekitar 150.000 orang dievakuasi dengan Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles mendesak agar warga segera mengungsi ke tempat aman.

"Penting bagi Anda untuk segera menjalankan instruksi ini dan pergi ke tempat aman sejauh yang Anda bisa," demikian pernyataan pemadam kebakaran Los Angeles.

Di San Francisco Bay, sekitar 290 kilometer dari Paradise, warga diminta untuk tak keluar rumah karena kualitas udara yang sangat buruk.

Karena asap yang begitu pekat sehingga pemerintah setempat mendeklarasikan udaranya tak sehat, serta memerintahkan warga untuk tak bepergian.

Baca juga: NASA Rilis Peta yang Soroti Jumlah Kebakaran Hutan di Bumi



Close Ads X