Kompas.com - 09/11/2018, 17:26 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Bahan kimia yang menjadi bukti pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi dilaporkan telah ditemukan penyelidik Turki.

Dilaporkan Al Jazeera Kamis (8/11/2018), jejak cairan asam dan bahan kimia lain ditemukan di kediaman Konsul Jenderal Mohammed al-Otaibi di Istanbul.

Sumber dari kantor jaksa penuntut Turki menuturkan, sampel hydrofluoric acid dan bahan kimia lainnya diambil dalam penyelidikan yang digelar antara 16-17 Oktober.

Baca juga: Saudi Lacak Jamal Khashoggi Menggunakan Alat Buatan Israel

Saat itu, penyelidik Turki ingin mengambil sampel di bagian kebun dan sumur. Namun akses penuh menjangkau dua tempat itu tak diberikan Saudi.

"Meski begitu, anggota kami berhasil memperoleh sejumlah sampel menggunakan galah dengan pergi ke bagian atas rumah dinas," tutur sumber itu.

Dari sampel tersebut, sumber itu menuturkan terdapat residu cairan asam di dalamnya. Sampel yang diambil dari selokan dan drainase juga menunjukkan hal yang sama.

Pejabat anonim itu melanjutkan, setelah dimutilasi, jenazah Khashoggi dilenyapkan menggunakan cairan asam hingga menguap di salah satu kamar Otaibi.

Pernyataan dari sumber jaksa penuntut terkait perkembangan bukti kasus pembunuhan Khashoggi itu membuat tunangannya, Hatice Cengiz, terkejut.

Dalam kicauannya di Twitter, Cengiz menyatakan begitu menderita karena tidak hanya mengetahui tunangannya dicekik dan dimutilasi.

"Apakah para pelaku dan mereka yang menjadi dalang intelektualnya merupakan manusia? Ya Tuhan!" seru Cengiz seperti dikutip Hurriyet.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.