Di Sinilah, Prajurit Persemakmuran Terakhir yang Tewas di Perang Dunia I Dimakamkan

Kompas.com - 08/11/2018, 14:38 WIB
|

BRUSSELS, KOMPAS.com - Pusara di pemakaman yang terletak di luar kota Mons, Belgia mungkin tak berbeda dengan pemakaman-pemakaman lain.

Namun, pemakaman Saint Symphorien menyimpan sejarah tersendiri karena di situlah prajurit Inggris pertama dan terakhir yang tewas pada Perang Dunia I dimakamkan.

Tempat ini memang tak seternama lokasi pertempuran besar lain seperti di Ypres, Belgia atau Vimy dan Verdun di Perancis.

Baca juga: Pertempuran Amiens, Awal dari Akhir Perang Dunia I

Namun, pemakaman ini menjadi simbol pengorbanan ribuan prajurit Inggris yang mempertahankan kota Mons pada 1914 dan para prajurit Kanada yang merebutnya di akhir perang.

Dan di sekitar peringatan 100 tahun berakhirnya Perang Dunia I, pemakaman ini menjadi salah satu lokasi yang banyak dikunjungi para pecinta sejarah di seluruh dunia.

Pada Jumat (9/11/2018), PM Inggris Theresa May akan memberikan penghormatannya di tempat itu dan sehari setelahnya Gubernur Jenderal Kanada Julie Payette.

Pemakaman itu juga menyimpan keunikan lain karena tak hanya menjadi tempat peristirahatan terakhir para parjurit Persemakmuran tetapi juga 500 orang tentara Jerman

"Pemakaman ini menjadi sebuah tempat penting bagi para peneliti Inggris dan Kanada yang meneliti Perang Dunia I," kata sejarawan Belgia, Corentin Rousman.

Kebetulan, pemakaman ini juga menjadi tempat prajurit Inggris pertama yang tewas, John Parr dan yang terakhir, George Ellison.

John Parr, putra seorang tukang susu dari North Finchley, London berbohong soal usianya saat bergabung dengan Resimen Middlesex pada 1912 saat berusia 15 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber AFP


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.