Kompas.com - 07/11/2018, 13:31 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Arab Saudi dilaporkan bakal membayar kompensasi uang kepada keluarga serta tunangan jurnalis Jamal Khashoggi yang tewas dibunuh 2 Oktober lalu.

Kabar tersebut dihembuskan oleh sumber Turki kepada Al Jazeera, sebagaimana dikutip Middle East Eye Selasa (6/11/2018).

Baca juga: Buntut Kasus Khashoggi, Megaproyek Saudi Terancam Terganggu

Sumber itu menerangkan, Saudi bakal membayar diyat, atau kompensasi finansial sesuai dengan hukum Islam untuk kasus pembunuhan atau penganiayaan.

"Kompensasi tersebut bakal diberikan kepada keluarga serta tunangan Khashoggi, Hatice Cengiz," ujar pejabat anonim tersebut.

Dalam wawancara dengan CNN, dua putra Khashoggi, Salah dan Abdullah, meminta agar jenazahnya dikembalikan supaya mereka bisa memakamkannya dengan layak di Madinah, kampung halamannya.

Mereka berdua menyatakan percaya kepada upaya yang dilakukan Raja Salman untuk menangkap pelakunya dan menghukumnya di pengadilan.

Sebelumnya, Khashoggi dibunuh di Konsulat Saudi di Istanbul ketika datang untuk mengurus dokumen pernikahannya dengan Cengiz.

Awalnya Saudi bersikukuh bahwa jurnalis berusia 59 tahun tersebut telah meninggalkan gedung konsulat dengan selamat.

Namun sumber penyelidik Turki mengungkapkan kontributor The Washington Post tersebut dibunuh dengan jenazahnya dimutilasi oleh 15 orang.

Penyelidik anonim Turki membeberkan jenazah Khashoggi dimutilasi untuk memudahkan ketika hendak dilenyapkan menggunakan cairan asam.

Riyadh akhirnya berujar Khashoggi tewas di dalam konsulat. Awalnya Khashoggi disebut tewas dalam pertikaian sebelum mengakui kasus itu merupakan pembunuhan berencana.

Media Turki Daily Sabah memberitakan, Riyadh mengirim tim beranggotakan 11 orang pada 11 Oktober untuk menutupi bukti pembunuhan Khashoggi.

Baca juga: Saudi Kirim Tim Pembersih untuk Hapus Jejak Kematian Khashoggi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.