Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saudi Bakal Bayar Kompensasi kepada Keluarga dan Tunangan Khashoggi

Kompas.com - 07/11/2018, 13:31 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

RIYADH, KOMPAS.com - Arab Saudi dilaporkan bakal membayar kompensasi uang kepada keluarga serta tunangan jurnalis Jamal Khashoggi yang tewas dibunuh 2 Oktober lalu.

Kabar tersebut dihembuskan oleh sumber Turki kepada Al Jazeera, sebagaimana dikutip Middle East Eye Selasa (6/11/2018).

Baca juga: Buntut Kasus Khashoggi, Megaproyek Saudi Terancam Terganggu

Sumber itu menerangkan, Saudi bakal membayar diyat, atau kompensasi finansial sesuai dengan hukum Islam untuk kasus pembunuhan atau penganiayaan.

"Kompensasi tersebut bakal diberikan kepada keluarga serta tunangan Khashoggi, Hatice Cengiz," ujar pejabat anonim tersebut.

Dalam wawancara dengan CNN, dua putra Khashoggi, Salah dan Abdullah, meminta agar jenazahnya dikembalikan supaya mereka bisa memakamkannya dengan layak di Madinah, kampung halamannya.

Mereka berdua menyatakan percaya kepada upaya yang dilakukan Raja Salman untuk menangkap pelakunya dan menghukumnya di pengadilan.

Sebelumnya, Khashoggi dibunuh di Konsulat Saudi di Istanbul ketika datang untuk mengurus dokumen pernikahannya dengan Cengiz.

Awalnya Saudi bersikukuh bahwa jurnalis berusia 59 tahun tersebut telah meninggalkan gedung konsulat dengan selamat.

Namun sumber penyelidik Turki mengungkapkan kontributor The Washington Post tersebut dibunuh dengan jenazahnya dimutilasi oleh 15 orang.

Penyelidik anonim Turki membeberkan jenazah Khashoggi dimutilasi untuk memudahkan ketika hendak dilenyapkan menggunakan cairan asam.

Riyadh akhirnya berujar Khashoggi tewas di dalam konsulat. Awalnya Khashoggi disebut tewas dalam pertikaian sebelum mengakui kasus itu merupakan pembunuhan berencana.

Media Turki Daily Sabah memberitakan, Riyadh mengirim tim beranggotakan 11 orang pada 11 Oktober untuk menutupi bukti pembunuhan Khashoggi.

Baca juga: Saudi Kirim Tim Pembersih untuk Hapus Jejak Kematian Khashoggi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com