Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebuah Kereta di Australia Berjalan hingga 92 Km Tanpa Masinis

Kompas.com - 07/11/2018, 12:48 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Newsweek

PERTH, KOMPAS.com - Sebuah perusahaan tambang di Australia harus menghentikan sementara kegiatan operasionalnya setelah insiden yang terjadi pada sebuah kereta.

Newsweek memberitakan Selasa (6/11/2018), kereta yang membawa 268 gerbong berisi biji besi itu berjalan hingga 92 kilometer tanpa masinis.

Baca juga: Ditarget Produksi Kereta Cepat, PT INKA Gandeng Sejumlah Perguruan Tinggi

Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB) menerangkan, kereta itu dikelola perusahaan BHP, dan melaju dari Newman menuju Portland, Australia Barat.

Pukul 04.40 waktu setempat, masinis turun dari lokomotif dan hendak mengecek salah satu gerbong ketika keretanya tiba-tiba berjalan.

Kereta sepanjang 1,9 kilometer itu melaju selama 90 menit sebelum BHP mematikannya lewat pengendali jarak jauh melalui kantor mereka di Perth.

The Guardian melaporkan, tidak ada yang terluka dalam insiden tersebut. Namun ATSB menyatakan kereta itu mengalami kerusakan, begitu juga relnya.

Lewat keterangan resmi, BHP berkata mereka sedang menggelar penyelidikan untuk memastikan penyebab mengapa kereta itu bisa berjalan sendiri.

"Operasi bakal dihentikan selama satu pekan hingga penyelidikan selesai dilaksanakan dan kereta yang rusak telah diperbaiki," demikian penjelasan BHP.

BHP melanjutkan, mereka berharap peristiwa itu tidak berdampak secara finansial, dan biji besinya tidak melewatkan pengiriman yang sudah dijadwalkan.

Menteri Utama Australia Barat Mark McGowan kepada awak media mengaku dia belum diberi tahu mengenai peristiwa tersebut.

Dia menyatakan BHP harus melakukan penanganan luar biasa agar kejadian itu tidak terulang di masa depan. "Saya sedang berkoordinasi untuk melihat di mana peran negara bagian," ujarnya.

ATSB memaparkan, investigasi atas insiden ini sedang diselesaikan di mana laporannya bakal diserahkan di pertengahan 2019 mendatang.

Baca juga: Pemkab Karawang Tertibkan Bangunan Liar di Akses Menuju TOD Kereta Cepat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com