Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/11/2018, 11:59 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com - Pemilihan Umum Sela Amerika Serikat (AS) yang terjadi Selasa (6/11/2018) menjadi momen bersejarah bagi Ilhan Omar dan Rashida Tlaib.

Mereka berdua, sama-sama kader Partai Demokrat, merupakan perempuan Muslim pertama yang resmi menjadi anggota Kongres AS.

Baca juga: Pemilu Paruh Waktu AS: Demokrat Cium Aroma Kemenangan di DPR

Diwartakan AFP Rabu (7/11/2018), Omar menjadi anggota House of Representatives dari Negara Bagian Minnesota dengan meraup 78,4 persen suara.

Pengungsi dari Somalia itu terpilih setelah mengalahkan kandidat dari Partai Republik Jennifer Zielinski yang hanya mendapat 21,6 persen.

Omar menggantikan Keith Ellison di mana dia merupakan Muslim pertama yang menduduki posisi Kongres. Adapun Ellison ditugaskan sebagai Jaksa Minnesota.

Selain merupakan perempuan Muslim pertama, politisi berusia 36 tahun yang datang ke AS 20 tahun silam itu juga merupakan anggota Somalia-Amerika pertama.

Sementara Tlaib merupakan politisi dari Detroit yang memenangkan kursi House of Representatives dari Negara Bagian Michigan.

CNN melaporkan, politisi keturunan Palestina itu bakal mengisi kursi John Conyers dari Republik yang mundur tahun lalu karena tuduhan pelecehan seksual.

Tlaib merupakan perempuan Muslim pertama yang menjabat sebagai anggota badan legislatif Michigan pada satu dekade silam.

Dia merupakan pengkritik utama Presiden Donald Trump, dan pernah dipenjara di 2016 karena mengganggu pidato Trump di Detroit.

"Selamat kepada saudaraku Rashida Tlaib atas kemenangannya. Saya tak sabar ingin bekerja sama denganmu. Insha Allah," ujar Omar di Twitter.

Terpilihnya Tlaib dan Omar membuat jumlah politisi Muslim di Kongres menjadi tiga orang. Sebelumnya, Andre Carson, juga dari Demokrat, kembali terpilih di Negara Bagian Indiana.

Baca juga: Jelang Pemilu Sela AS, Harga Emas Turun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber CNN,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.