Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Perempuan Muslim Ini Terpilih Jadi Anggota Kongres AS

Kompas.com - 07/11/2018, 11:59 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber CNN,AFP

CHICAGO, KOMPAS.com - Pemilihan Umum Sela Amerika Serikat (AS) yang terjadi Selasa (6/11/2018) menjadi momen bersejarah bagi Ilhan Omar dan Rashida Tlaib.

Mereka berdua, sama-sama kader Partai Demokrat, merupakan perempuan Muslim pertama yang resmi menjadi anggota Kongres AS.

Baca juga: Pemilu Paruh Waktu AS: Demokrat Cium Aroma Kemenangan di DPR

Diwartakan AFP Rabu (7/11/2018), Omar menjadi anggota House of Representatives dari Negara Bagian Minnesota dengan meraup 78,4 persen suara.

Pengungsi dari Somalia itu terpilih setelah mengalahkan kandidat dari Partai Republik Jennifer Zielinski yang hanya mendapat 21,6 persen.

Omar menggantikan Keith Ellison di mana dia merupakan Muslim pertama yang menduduki posisi Kongres. Adapun Ellison ditugaskan sebagai Jaksa Minnesota.

Selain merupakan perempuan Muslim pertama, politisi berusia 36 tahun yang datang ke AS 20 tahun silam itu juga merupakan anggota Somalia-Amerika pertama.

Sementara Tlaib merupakan politisi dari Detroit yang memenangkan kursi House of Representatives dari Negara Bagian Michigan.

CNN melaporkan, politisi keturunan Palestina itu bakal mengisi kursi John Conyers dari Republik yang mundur tahun lalu karena tuduhan pelecehan seksual.

Tlaib merupakan perempuan Muslim pertama yang menjabat sebagai anggota badan legislatif Michigan pada satu dekade silam.

Dia merupakan pengkritik utama Presiden Donald Trump, dan pernah dipenjara di 2016 karena mengganggu pidato Trump di Detroit.

"Selamat kepada saudaraku Rashida Tlaib atas kemenangannya. Saya tak sabar ingin bekerja sama denganmu. Insha Allah," ujar Omar di Twitter.

Terpilihnya Tlaib dan Omar membuat jumlah politisi Muslim di Kongres menjadi tiga orang. Sebelumnya, Andre Carson, juga dari Demokrat, kembali terpilih di Negara Bagian Indiana.

Baca juga: Jelang Pemilu Sela AS, Harga Emas Turun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com