Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Salman Lakukan Tur Dalam Negeri Pertama Sejak Naik Takhta

Kompas.com - 06/11/2018, 23:04 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

RIYADH, KOMPAS.com - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz dikabarkan telah memulai tur domestik dan direncanakan bakal mengunjungi sejumlah wilayah di dalam negeri.

Rangkaian tur yang pertama dilakukan Raja Salman sejak naik takhta diawali dengan tiba di wilayah Qassim, Selasa (6/11/2018), dengan didampingi sejumlah pejabat.

Namun tidak dipastikan apakah Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman atau yang biasa disebut MBS turut serta dalam tur tersebut.

Melansir dari AFP, tur tersebut adalah yang pertama kalinya dilakukan raja berusia 82 tahun itu sejak dia naik takhta pada 2015. Demikian diberitakan surat kabar pro-pemerintah, Sabq.

Baca juga: Raja Salman Resmikan Pembangunan Taman Hiburan Terbesar di Dunia

Selain mengunjungi wilayah Qassim, Raja Salman juga dijadwalkan akan mendatangi wilayah utara kerajaan yakni di Kota Hail.

Surat kabar Saudi Gazette memberitakan, di Qassim, Raja Salman akan meluncurkan proyek kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.

"Raja Salman juga akan memeriksa keadaan warga di Qassim serta mengetahui lebih dekat tentang kebutuhan mereka," tulis surat kabar Saudi Gazette.

Rangkaian tur Raja Saudi ini dilakukan di tengah krisis internasional yang mendesak kerajaan mengungkapkan kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Pemerintah Saudi telah mengakui Jamal Khashoggi dibunuh saat mengunjungi kantor konsulat di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober lalu.

Namun masyarakay internasional masih mendesak kepada Arab Saudi untuk mengungkapkan semua misteri dari kasus Khashoggi, terutama terkait nasib jenazah jurnalis tersebut.

Banyak pihak yang kemudian menuding kasus pembunuhan Khashoggi dilakukan oleh pihak penguasa Saudi. Tuduhan paling kuat tertuju pada Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Tetapi dalam beberapa waktu terakhir, kaum nasionalis Saudi telah mulai menggalang dukungan untuk putra mahkota dan pejabat lokal menidung krisis Khashoggi sebagai konspirasi Barat.

Baca juga: Raja Salman Resmikan Kereta Cepat Mekkah-Madinah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com