Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB: ISIS Tinggalkan Lebih dari 200 Kuburan Massal di Irak

Kompas.com - 06/11/2018, 19:09 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

BAGHDAD, KOMPAS.com - ISIS diketahui telah meninggalkan hingga lebih dari 200 kuburan massal di Irak. Diyakini hingga 12.000 korban kekejaman kelompok teroris itu terkubur di dalamnya.

Kuburan-kuburan massal itu juga dipercaya menyimpan bukti penting atas kejahatan perang yang dilakukan ISIS selama mereka menduduki wilayah barat dan utara Irak antara 2014 hingga 2017.

Badan PBB di Irak, UNAMI, bersama dengan kantor hak asasi manusia telah mendokumentasikan total sebanyak 202 kuburan massal yang ada di Irak.

Dikhawatirkan jumlah itu bakal bertambah seiring proses pencarian yang dilakukan dalam beberapa bulan ke depan.

Baca juga: Kuburan Massal ISIS Berisi Lebih dari 1.000 Jenazah Ditemukan di Suriah

"Situs kuburan massal yang telah didokumentasikan dalam laporan kami menjadi bukti kehilangan manusia yang mengerikan, penderitaan yang mendalam dan kekejaman yang mengejutkan," kata perwakilan PBB di Irak, Jan Kubis, dilansir AFP.

PBB mendesak agar otoritas Irak dapat berhati-hati dalam melakukan proses penggalian demi dapat memberikan kesempatan kepada keluarga korban untuk melakukan penghormatan terakhir.

"Memahami keadaan di sekitar hilangnya nyawa yang signifikan ini akan menjadi langkah penting dalam masa berkabung bagi keluarga dan upaya mereka untuk mendapatkan hak atas kebenaran dan keadilan," tambahnya, Selasa (6/11/2018).

ISIS menyerbu Irak pada 2014, membunuh para pejuang dan warga sipil secara massal, serta melakukan penindasan di wilayah di utara dan barat negara itu.

Kuburan massal yang ada dapat berisi materi forensik yang penting, yang dapat membantu dalam mengungkap kekerasan ini dan juga untuk mengidentifikasi korban.

Para peneliti PBB pada Agustus telah mulai mengumpulkan bukti-bukti terkait kejahatan perang dan genosida yang akan digunakan oleh pengadilan Irak dalam mengadili anggota ISIS yang tertangkap.

Baca juga: 166 Jenazah Ditemukan dalam Kuburan Massal di Meksiko

Dari total 202 kuburan massal yang telah didokumentasikan dalam laporan terbaru PBB, baru sebanyak 28 kuburan yang telah digali dan 1.258 jenazah yang diangkat oleh otoritas Irak.

Hampir separuh dari lokasi penemuan kuburan massal itu berada di Provinsi Nineveh, di mana ISIS sempat melakukan kekejaman massal terhadap minoritas Yazidi.

Sementara sisa kuburan massal lainnya tersebar di daerah utara Kirkuk, Salaheddin, atau Anhar di barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com