Kompas.com - 06/11/2018, 15:11 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) menyatakan sebuah jet tempur Rusia telah melakukan manuver berbahaya ketika mencegat pesawat pengintai mereka.

Pesawat pengintai Lockheed EP-3 tengah beroperasi di Laut Hitam ketika jet tempur Sukhoi Su-27 mendekat dengan kecepatan tinggi.

Baca juga: Jet Tempur Buatan Rusia MiG-29 Jatuh di Mesir

Berdasarkan pernyataan Navy AS dilansir CNN Selasa (6/11/2018), kru EP-3 melaporkan mereka mengalami turbulensi setelah Su-27 melintas.

Su-27 kemudian kembali melntas dengan menampilkan banking maneuver sembari menyemburkan api dari mesin jetnya (afterburner). Su-27 mencegat EP-3 selama 25 menit.

AL AS menyatakan, pilot Su-27 itu telah menunjukkan perilaku tak profesional dan membahayakan dalam upayanya menghadang pesawat pengintai mereka.

"Kru EP-3 memberikan laporan selain turbulensi yang didapat dari kontak pertama, mereka juga mengalami guncangan di kontak kedua," terang AL.

AL tak memberikan rincian seberapa dekat Su-27 dari EP-3, atau apakah jet tempur yang pertama kali terbang di 1977 itu membawa senjata.

Russian Today memberitakan, dari video yang diunggah AL AS di Twitter, nampak jet tempur membawa rudal di bagian sayap saat melintasi EP-3.

Juru bicara Pentagon Eric Pahon menyatakan, pesawat pengintai itu tengah melaksanakan operasi di Teluk Souda, Yunani, dan bersikukuh mereka masih berada di perairan internasional.

Pahon menjelaskan, kru EP-3 menyalakan transponder mereka selama misi. Namun tidak ada komunikasi yang terjalin antara mereka dengan pilot Su-27.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.