Kompas.com - 05/11/2018, 15:17 WIB

KOMPAS.com - Monopoly dikenal sebagai sebuah permainan papan yang menggunakan latar belakang bisnis properti yang dimainkan oleh dua hingga delapan orang.

Permainan ini mempunyai konsep dasar seperti pembelian, sewa, dan penjualan properti tertentu. Uniknya, setiap orang bisa memiliki lebih dari satu petak kepemilikan dalam satu permainan ini.

Ketika mulai diperkenalkan oleh Parker Brothers pada 1935, permainan ini semakin populer luas ke berbagai kalangan. Baik orang dewasa atau anak-anak mulai memahami, menggemari, hingga menyebarluaskan permainan ini.

Berikut ini sejumlah fakta mengenai permainan Monopoly:

1. Konsep awal dari Lizzie Magie

Elizabeth Magie, penemu permainan papan Monopoli. (Wikipedia) Elizabeth Magie, penemu permainan papan Monopoli. (Wikipedia)

Pada 1904, sebuah game dengan nama "The Landlord's Game" berhasil diciptakan oleh seorang perempuan bernama Elizabeth Magie.

Setelah dipatenkan, konsep dari permainan yang terfokus pada bagaimana tuan-tuan tanah untuk memperkaya dirinya dan membuat penyewa semakin miskin tak mendapat respons baik di masyarakat.

Konsep ini yang mengilhami seseorang laki-laki bernama Charles Darrow untuk mengembangkan konsep ini dan menjualnya ke Parker Brothers hingga lahirlah Monopoly.

Asal muasal, terdapat sebuah kasus mengenai hak paten Monopoly. Darrow dinilai menjiplak ide tentang permainan ini yang sebelumnya sudah ada pada 1904 dengan nama "The Landlord's Game".

Terlepas dari itu, permainan ini terus mengalami perkembangan dan inovasi.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Permainan Monopoly Diperkenalkan

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.