Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Bakal Jadi Tuan Rumah Pertemuan Afghanistan dengan Taliban

Kompas.com - 04/11/2018, 15:47 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Pemerintah Rusia mengumumkan pada Sabtu (3/11/2018) akan menjadi tuan rumah pertemuan dialog internasional membahas konflik di Afghanistan pada 9 November mendatang.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan telah mengundang perwakilan dari pemerintah Afghanistan dan juga kelompok Taliban untuk turut hadir dalam pertemuan.

Moskwa bahkan mengklaim Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dan Taliban telah setuju untuk mengirimkan delegasinya ke acara pertemuan.

"Pertemuan ini akan menjadi pertama kalinya delegasi dari Kantor Politik Pergerakan Taliban di Doha ambil bagian dalam dialog internasional setingkat ini," kata Kementerian Luar Negeri Rusia.

Baca juga: Jenderal AS Akui Taliban di Afghanistan Tak Bisa Dikalahkan

Meski demikian klaim Moskwa tidak sepenuhnya didukung oleh Pemerintahan Afghanistan, yang mengaku belum memberi konfirmasi untuk hadir.

"Kami masih membicarakan dan bernegosiasi dengan pejabat Rusia (terkait konferensi). Kami belum mencapai kesepakatan," kata juru bicara kementerian luar negeri, Sebghatullah Ahmadi kepada AFP.

Moskwa menambahkan, selain perwakilan dari Afghanistan dan Taliban, undangan juga telah disampaikan kepada AS, India, Iran, China, Pakistan dan lima negara bekas Soviet di Asia Tengah.

"Rusia telah menegaskan kembali posisinya bahwa tidak ada alternatif lain untuk penyelesaian masalah politik di Afghanistan," tulis pernyataan kementerian.

Ini bukan kali pertama Rusia mengajukan diri sebagai tuan rumah dalam pertemuan membahas perdamaian di Afghanistan. Pada April 2017, pertemuan serupa sempat diselenggarakan di Moskwa.

Sementara, pemerintah AS telah memperbarui upaya untuk melibatkan Taliban dalam pembicaraan damai dengan pemerintah Afghanistan.

Perwakilan Taliban dikabarkan telah bertemu dengan pejabat AS setidaknya sebanyak dua kali di Qatar dalam beberapa bulan terakhir.

Pertemuan terakhir pada 12 Oktober lalu dengan AS mengutus Zalmay Khalilzad.

Baca juga: Bahas Konflik Afghanistan, Taliban Bertemu AS di Qatar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com