Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Otoritas Arab Saudi Bebaskan Saudara Miliarder Alwaleed bin Talal

Kompas.com - 04/11/2018, 08:08 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

RIYADH, KOMPAS.com - Setelah hampir satu tahun ditahan oleh otoritas Arab Saudi, Pangeran Khaled bin Talal, saudara laki-laki dari miliarder Alwaleed bin Talal akhirnya dibebaskan.

Dilansir Middle East Monitor dari Al-Quds Al-Arabi, mengutip sebuah sumber, Khaled bin Talal yang ditahan sejak Januari 2018 dibebaskan pada Jumat (2/11/2018) lalu.

Dia juga telah diizinkan bertemu dengan kerabatnya, termasuk Alwaleed, yang sebelumnya dilarang.

Tidak seperti pangeran Saudi lainnya yang ditangkap atas tuduhan korupsi, Pangeran Khaled ditahan karena mengkritik kebijakan Putra Mahkota Mohammed bin Salman yang menangkap para pangeran dan pengusaha tanpa membawa mereka ke pengadilan.

Baca juga: Pangeran Alwaleed Bebas dari Penjara, Sahamnya Langsung Melonjak

Pemerintah Saudi menyebut penangkapan para pangeran tersebut sebagai langkah penumpasan korupsi, namun para kritikus menyebutnya sebagai upaya Putra Mahkota untuk menyingkirkan para pesaingnya sebagai pewaris takhta dan mengkonsolidasikan kekuasaannya.

Selain Khaled, saudaranya, miliarder Alwaleed bin Talal telah lebih dulu dibebaskan pada awal Januari lalu, diyakini setelah mencapai kesepakatan dengan Putra Mahkota.

Kabar dibebaskannya Khaled juga telah dikonfirmasi sejumlah kerabat melalui media sosial Twitter, dengan membagikan foto-foto Pangeran Khaled.

"Terima kasih Tuhan atas keselamatanmu," tulis keponakannya, Putri Reem binti Alwaleed, dengan mengunggah foto Khaled sedang memeluk putranya yang telah koma selama bertahun-tahun dan juga sanak keluarga lainnya.

Pembebasan Pangeran Khaled datang di tengah desakan masyarakat terhadap Kerajaan Saudi atas kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Belum ada penjelasan resmi dari pihak kerajaan atas dibebaskannya Pangeran Khaled.

Baca juga: Kepada AS Pangeran MBS Sebut Jamal Khashoggi Orang Berbahaya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com