Kompas.com - 03/11/2018, 20:25 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Dikenal sebagai "Bapak Taliban", ulama dan politisi terkemuka Pakistan, Maulana Sami Ul-Haq tewas ditikam oleh orang tak dikenal di kediamannya di Rawalpindi pada Jumat (2/11/2018).

Diwartakan Times of Islamabad, sekretaris pribadi dan penjaga dari pemimpin Jamiat Ulema-i-Islam itu diinterogasi selama tiga jam pada Sabtu (3//2018).

Maulana tewas diserang di rumahnya, ketika para staf pribadinya tidak berada di rumah.

Dia sempat dilarikan ke rumah sakit, namun tidak dapat diselamatkan karena menerima total 12 luka pada perut, jantung, dahi, dan telinga.

Baca juga: Jenderal AS Akui Taliban di Afghanistan Tak Bisa Dikalahkan

Times of India mengabarkan, putra Maulana, Hamid Ul-Haq, mengatakan ayahnya ditikam beberapa kali di kamar tidurnya.

"Ayah saya berada di Islamabad untuk memimpin aksi protes atas faksi Jamiat Ulema-i-Islam terhadap pembebasan Aasia," katanya.

"Karena penyakitnya yang berhubungan dengan usia, dia kembali ke rumah untuk beristirahat tapi ditikam sampai meninggal dunia," ujarnya,

Dia mengatakan, pembunuhan terhadap ayahnya merupakan upaya untuk mengalihkan perhatian dari penghasutan yang berlangsung di seluruh negeri.

Maulana berusia 83 tahun, dia juga merupakan kepala Darul Uloom Haqqania yang melatih ratusan pemuda untuk bergabung dengan Taliban pada 1990-an.

Beberapa pemimpin Taliban terkenal, termasuk pendiri gerakan Taliban di Afghanistan Mullah Omah pernah berguru dengannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.