Kompas.com - 02/11/2018, 21:25 WIB

RAMALLAH, KOMPAS.com - Seorang pejabat senior Palestina, mengecam pengumuman yang dibuat Presiden Brasil terpilih Jair Bolsonaro yang akan memindahkan kedutaan besarnya dari Tel Aviv ke Yerusalem.

"Itu adalah sebuah langkah provokatif dan ilegal yang hanya akan mengganggu stabilitas keamanan di kawasan itu," kata Hanan Ashrawi, anggota komite eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), kepada AFP.

"Sangat disayangkan bahwa Brasil telah bergabung dengan aliansi negatif yang melawan hukum internasional," tambahnya, mengacu pada sejumlah kecil negara yang mendukung keputusan AS dalam mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Masyarakat Palestina telah menganggap bahwa bagian timur kota Yerusalem yang diduduki Israel sebagai ibu kota masa depan negara mereka.

Kecaman juga disampaikan kelompok Hamas yang menguasai wilayah Jalur Gaza dan telah terlibat tiga kali perang melawan Israel dalam satu dekade terakhir.

Baca juga: Presiden Baru Brasil Ingin Pindah Kedubes untuk Israel ke Yerusalem

"Kami menganggap ini sebagai langkah permusuhan terhadap rakyat Palestina, Arab dan Islam," tulis juru bicara Hamas, Sami Abu Zahri di akun Twitter, Jumat (2/11/2018).

Rencana pemindahan kantor Kedubes Brasil dari Tel Aviv ke Yerusalem diungkapkan Presiden Jair Bolsonaro di Twitter, Kamis (1/11/2018).

Bolsonaro mengatakan, rencana pemindahan telah disampaikan sejak masa kampanye. Dia menyebut Israel sebagai negara berdaulat yang berhak menentukan sendiri ibu kotanya.

"Seperti yang disampaikan sebelumnya selama kampanye kami, kami bermaksud memindahkan kedutaan Brasil di Tel Aviv ke Yerusalem."

"Israel adalah negara berdaulat dan kami menghormati itu," kata Bolsonaro di akun Twitter-nya.

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.